Mohon tunggu...
Qynara Amaris Adikusuma
Qynara Amaris Adikusuma Mohon Tunggu... Murid SMAN 28 Jakarta XI MIPA 2 (26)

absen 26

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Mengisi Waktu Karantina di Rumah dengan Menulis Lagu

3 Agustus 2020   21:39 Diperbarui: 3 Agustus 2020   21:45 103 2 0 Mohon Tunggu...

Karantina sudah berjalan selama 5 bulan lamanya. Selama 5 bulan penuh kita telah beraktivitas dan berkegiatan di rumah masing-masing. Tidak terasa, bukan? Apa saja yang sudah anda lakukan selama 5 bulan ini? 

Apakah anda sudah mencoba melakukan hal-hal baru? Tentu dengan banyaknya waktu luang di rumah, sekarang merupakan waktu yang tepat untuk mencoba dan belajar hal-hal baru.

Jika anda selama ini suka mendengar musik, saya merekomendasikan anda untuk mencoba membuat musik anda sendiri! Saya akan mengajarkan anda bagaimana cara menulis lagu untuk mengisi waktu luang anda selama dirumah, sekaligus menambah keterampilan anda.

Bagaimana caranya membuat sebuah lagu dari nol? Berikut langkah-langkah cara menulis sebuah lagu!

1. Pilih tema lagu.

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memulai menulis lagu, tentunya, adalah memilih tema lagu tersebut. Tentang apakah lagu tersebut? Apa isi dari lagu tersebut anda ingin ceritakan? 

Pertama-tama, tentukanlah tema umum dan memiliki arti luas sebagai ide dasar pertama untuk lagu anda, seperti cinta, sosial, persahabatan, dan sebagainya. 

Lalu, pikirkanlah tentang detail dari tema tersebut, sebagai penjelasan yang lebih spesifik. Contohnya tentang putus asa dalam hubungan, hilangnya seorang sahabat kecil, kasih seorang ibu, dan lain-lain.

2. Pikirkan alur cerita lagu.

Setelah yakin akan tema tersebut, pikirkanlah bagaimana alur lagu dan kerangka cerita dari tema tersebut. Pikirkan poin-poin utama yang akan diceritakan pada setiap struktur lagu, misal dalam verse 1, saya ingin menceritakan mengenai hari-hari indah pertama pasangan bertemu, pre-chorus menceritakan masalah berat yang telah dihadapi, dan chorus menceritakan perasaan hampa yang dirasakan sekarang.

3. Tuliskan ide-ide untaian kata dalam bentuk coretan sementara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x