Mohon tunggu...
Inovasi

Penggunaan Media Sosial sebagai Alat Promosi di Kalangan Milenial

18 Juli 2018   23:47 Diperbarui: 19 Juli 2018   00:03 1337
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Media sosial sudah tak asing lagi di kalangan milenial, setiap orang pasti mempunyai media sosial, dalam media sosial dapat ditemukan berbagai macam informasi baik edukasi maupun hiburan. Dengan adanya media sosial dapat membantu kita dalam berkomunikasi dan bertukar pesan. Para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.

Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk maupun  jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikan angka penjualan. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai media baik media cetak maupun media elektronik.

Pertumbuhan ekonomi global dan teknologi modern saat ini sangatlah pesat. Perkembangan ekonomi global dan teknologi modern memberikan dampak kehidupan yang menjadi semakin lebih praktis, cepat dan ekonomis. Hal ini juga merubah pola perilaku masyarakat yang cenderung menuntut kenyamanan, kepastian harga, pelayanan yang memuaskan dan kualitas produk atau jasa yang berkualitas baik.

Hal tersebut juga kemudian menyebabkan industri modern berkembang sangat cepat. Tiap industri berusaha bertahan dan bersaing dengan menonjolkan keunggulan dan keunikan masing-masing.

Dalam memasuki era globalisasi ini, dimana kegiatan bisnis diwarnai dengan intensitas persaingan yang semakin tinggi antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Terlebih lagi bagi perusahaan yang menghasilkan produk yang sejenis dimana para pengusaha tentu berusaha secara maksimal untuk dapat memnuhi kebutuhan dan kegiatan konsumen. Jadi jika perusahaan tanggap dan mampu mengerti pasarlah yang dapat menguasai pasar untuk bertahan di arena persaingan. Selain itu cara yang dilakukan dengan meningkatkan kegiatan pemasaran.

Berbicara mengenai pemasaran, setiap perusahaan pasti mempunyai misi dan strategi agar tetap bertahan dan berkembang untuk menghadapi persaingan. Pemasaran membutuhkan lebih dari sekedar mengembangkan produk yang unggul, menawarkannya dengan harga yang menarik dan membuatnya mudah didapat oleh pelanggan sasaran.

Perusahaan juga harus mampu berkomunikasi dengan konsumen. Pemasaran adalah salah satu kunci sebuah keberhasilan usahanya. Keberhasilan perusahaan sangat di tentukan oleh keberhasilan kegiatan pemasaran dari produk atau jasa yang dihasilkannya. Penerapan konsep pemasaran yang tepat agar dapat menentukan strategi pasar dan strategi pemasaran yang mengarah pada sasaran yang ingin dicapai, yaitu meningkatkan penjualan.

Faktor utama yang sangat mempengaruhi jalannya suatu manajemen marketing ialah produk, harga, daerah pemasaran dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan itu sendiri. Promosi merupakan salah satu upaya yang digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi, baik dengan pelanggannya maupun dengan calon peanggannya, karena promosi itu sendiri sebenarnya aalah komunikasi. Sehingga perusahaan dapat lebih banyak menarik konsumen untuk membeli dan mengguanakan produknya.

Promosi dikelompokkan menjadi empat macam yaitu penjualan pribadi (personal selling), periklanan(advertising), publisitas dan promosi penjualan (sales promotion). Dengan adanya promosi yang beraneka ragam bukan berarti terbuka kesempatan bagi perusahaan untuk begitu saja memilih tanpa pertimbangan yang matang. Semakin beraneka ragam media promosi yang dipakai justru semkain banyak faktor yang perlu dijadikan bahan pertimbangan perusahaan sebelum melakukan kegiatan promosi.

Promosi penjualan dengan cara publisitas, yaitu dengan cara promosi melalui media sosial seperti salah satunya instagram, karena instagram merupan aplikasi yang sangat akrab dengan semua kalangan. Cara ini lebih condong untuk membentuk sebuah image yang lebih positif terhadap produk yang ditawarkan.

Pembentukan image positif ini dapat dilakukan dengan iklan atau promosi yang memiliki karakteristik  tertentu yang tidak dapat dimiliki oleh strategi pemasaran produk lainnya. Bisa saja dapat dilakukan dengan cara menciptakan suatu produk yang memiliki poin lebih, karakteristik unik dan mempunyai manfaat lebih yang dapat menjadi pemikiran positif dihadapan konsumen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun