Quipper Indonesia
Quipper Indonesia

Distributors of wisdom | Membawa pendidikan terbaik ke seluruh penjuru Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Muda Pilihan

Tips Jitu Memilih Karier Sesuai dengan "Passion" Kamu

8 Mei 2018   14:57 Diperbarui: 8 Mei 2018   15:10 764 1 1
Tips Jitu Memilih Karier Sesuai dengan "Passion" Kamu
pexels.com

Apa target yang ingin kamu capai lima tahun atau sepuluh tahun ke depan? Sudahkah kamu menyusun rencana bagaimana agar target kamu tercapai? Sejauh ini langkah apa saja yang sudah kamu lakukan agar rencana yang telah kamu buat berjalan sesuai dengan harapan kamu? Rentetan pertanyaan ini perlu kamu jawab untuk mengetahui kesiapan kamu dalam mencapai target atau cita-cita.

Cepat atau lambatnya kamu mewujudkan mimpi itu tergantung pada mindset dan tindakan yang kamu lakukan saat ini lho. Ketika sekarang target kamu adalah masuk Perguruan Tinggi Negeri, tentu beberapa tahun ke depan kamu ingin lulus dengan predikat memuaskan dan kemudian mendapatkan karier sesuai dengan yang kamu impikan bukan?

Nah, bagi kamu calon mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD), Quipper Video Blog akan memberikan kamu tips jitu untuk memilih karier yang ideal selepas kamu lulus nanti. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Tentukan Program Studi yang Tepat

Langkah pertama yang harus kamu lakukan setelah memilih universitas adalah menentukan program studi. Pastikan program studi yang kamu pilih sesuai dengan potensi dan kapasitas kamu, dengan begitu kamu bisa happy menjalani rutinitas perkuliahan dan semakin terobsesi untuk mendalami bidang tersebut.

Jika kamu nyaman menekuni bidang yang kamu sukai, tantangan dan rintangan pun pasti lebih mudah untuk kamu hadapi. Di samping itu kamu juga memiliki peluang besar untuk bisa berkarier sesuai dengan passion kamu. Karena kamu sudah mengenali kemampuan kamu sejak awal.

Pilihlah Lingkaran Pertemanan Positif

Lihat lima orang terdekatmu, mereka adalah gambaran dari dirimu, begitu pepatah bijak mengatakan. Oleh karena itu ketika sudah memasuki dunia perkuliahan nanti pilihlah teman-teman yang dapat mendukung kamu, menjadikan kamu pribadi yang lebih berkembang dan tidak men-distract impian yang sedang kamu bangun.

Lingkungan pertemanan positif sangat penting untuk membawa pengaruh baik bagi kamu. Jika kamu dekat dengan teman yang melakukan hal-hal positif seperti pergi ke perpustakaan, mengikuti seminar, aktif di berbagai kegiatan kampus, tentu akan berbeda pengaruhnya dengan kamu mengikuti teman yang hanya mengajak kamu nongkrong di kantin atau bermalas-malasan dengan bolos kuliah.

Pertemanan positif tidak hanya bisa kamu lakukan di lingkungan kampus, kamu juga bisa menemukannya di luar kampus dengan mengikuti organisasi-organisasi ekstra kampus. Kegiatan ini selain dapat mengasah skill yang ingin kamu kembangkan, juga bisa menambah relasi kamu.

Tidak hanya sebatas itu saja, dari sisi beyond the limit kamu adalah bagian dari warga dunia global. Asah kemampuan kamu dan tunjukkan karyamu dengan mengikuti student exchange, agar jaringan pertemanan positif kamu semakin luas. Semakin banyak relasi yang kamu miliki, kamu juga akan semakin banyak mendapat informasi seputar karier yang kamu inginkan.

Mengenali passion dan Percaya Diri

Pada dasarnya setiap orang memiliki ciri khas, keunikan dan potensi yang berbeda dengan orang lain. Pernahkah kamu pada kondisi tertentu, merasa enjoy, fun, dan tidak mengenal waktu ketika melakukan sesuatu? Misalnya, di waktu senggang kamu memanfaatkan waktu dengan melukis atau membuat kaligrafi. Hasilnya ternyata orang lain menyukai dan mengapresiasi karya kamu, kemudian kamu terpacu untuk melakukannya lagi dan membuat yang lebih baik. Dari situlah mulai bisa terlihat passion yang kamu miliki, Quipperian.

Bahasa sederhananya, passion merupakan aktivitas yang ketika kamu lakukan kamu merasa senang, dan selalu termotivasi serta tidak pernah bosan. Setelah mampu mengenali passionmu, kamu harus percaya diri pada potensi yang kamu miliki. Tingkatkanlah kreativitas kamu di bidang tersebut dan lakukan semaksimal mungkin. Kamu harus tahu nih bahwa karier paling menyenangkan setelah lulus nanti adalah melakukan passion yang dibayar!

Upgrade Potensi Terbaikmu

Potensi yang kamu miliki tidak boleh kamu diamkan begitu saja. Tingkatkan potensi kamu dengan aktif berorganisasi sesuai dengan bidang yang ingin kamu kuasai. Misalnya, kamu memilih jurusan Sosiologi, pengetahuan akademik saja masih belum cukup untuk bekal kamu sebagai ahli sosiologi. Banyak sekali keterampilan-keterampilan lain yang harus kamu kuasai untuk menjadi ahli sosiologi yang profesional.

Untuk mengembangkan potensi kamu, di kampus kamu bisa bergabung bersama UKM Pers Suaka yang fokus di bidang jurnalistik agar kepekaan dan analisa kamu terhadap realitas sosial semakin terasah. Di luar kampus kamu dapat mengikuti kegiatan-kegiatan sosial yang lain. Jika potensi dalam dirimu selalu kamu upgrade, pasti kamu bisa memenuhi tuntutan pekerjaan pada saat berkarier nanti.

Konsisten dan Selalu Berdoa

Setelah menemukan pilihan karier yang tepat, kamu harus tetap konsisten dengan cita-cita yang telah kamu impikan. Misalnya ingin menjadi ahli IT, kamu harus konsisten belajar untuk mempersiapkan diri dalam mencapai karier idaman. Jangan mudah putus asa dan jangan cepat puas atas apa yang sudah kamu lakukan. Terakhir, di balik semua kerja keras ada satu hal yang sangat penting untuk kamu lakukan, yaitu berdoa. Mohon petunjuk kepada-Nya, agar semua usaha yang kamu lakukan berbuah manis. Libatkan Dia dalam setiap langkahmu, Quipperian.

Semoga tips-tips ini bermanfaat bagi kamu yang akan berkarier setelah lulus dari UIN SGD. Terus berusaha dan jangan pernah putus asa ya. Good luck!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2