Mohon tunggu...
Rani Nkh
Rani Nkh Mohon Tunggu... Content Writer

Suka nulis dan nonton turnamen badminton.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Mengenal Skin Barrier dan Cara Memperbaikinya

18 Mei 2021   10:40 Diperbarui: 19 Mei 2021   15:31 85 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Skin Barrier dan Cara Memperbaikinya
photo by pixabay

Kulit terdiri dari beberapa lapisan yang masing-masing memiliki fungsi penting dalam melindungi tubuh, salah satunya stratum korneum atau sering disebut juga skin barrier yang merupakan bagian terluar dari epidermis. Skin barrier membantu melindungi kulit dan menjaga kelembapan, sehingga mencegah kulit mengering.

Para ilmuwan menyamakan struktur tersebut seperti dinding bata. Jika dianalogikan, sel kulit adalah batu bata, pelindung kulit adalah mortar yang menyatukan semua dan lumpang ini yang mengandung nutrisi penting, seperti kolesterol, ceramide, dan asam lemak. Bersama-sama, senyawa ini disebut sebagai "faktor pelembab alami" kulit, karena membantu menjaga lapisan kulit yang lebih dalam terhidrasi, dikutip dari healthline.com.

Jika skin barrier Anda tidak berfungsi dengan baik, kulit akan rentan terhadap berbagai kerusakan. Anda juga akan sedikit sulit menangkis bagian yang merusak kulit seperti radikal bebas, yang dapat menyebabkan perubahan fisik seperti perubahan pada warna kulit, kelemahan, dan kerutan dini.

Skin barrier memiliki tiga peran penting untuk menjaga kesehatan kulit. Pertama, melindungi tubuh dari penyebab stres eksternal, seperti polusi dan radiasi sinar UV. Kedua, menahan air untuk menjaga tubuh dan kulit Anda tetap terhidrasi. Terakhir, akan mengangkut nutrisi penting ke kulit Anda.

Beberapa kondisi eksternal dan internal yang dapat memengaruhi skin barrier meliputi:

  • Alergi terhadap produk skincare tertentu
  • Terlalu banyak mencuci muka menggunakan sabun muka, minimal mencuci muka hanya boleh dua kali sehari
  • Terlalu banyak paparan sinar matahari
  • Stres
  • Polusi udara

Cara mengetahui skin barrier Anda telah rusak:

  • Kulit kering dan bersisik
  • Rasa gatal yang tiada hentinya
  • Kulit menjadi sensitif dan muncul kemerahan
  • Tumbuh jerawat di area wajah

Dalam memulihkan skin barrier yang terlanjur rusak, Anda harus kembali pada basic skincare (facial wash, moisturizer dan sunscreen). Jangan terlalu banyak menggunakan skincare, karena akan menyebabkan kerusakan yang berkepanjangan. Beberapa kandungan yang dapat memperbaiki skin barrier meliputi, ceramide, centella asiatica, hyaluronic acid, glycerin, panthenol, dan niacinamide.

Mengutip dari kiehls.com, berikut lima langkah untuk memperbaiki skin barrier:

Langkah 1: Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah dapat membantu menghilangkan kotoran, minyak dan polusi yang menumpuk di kulit Anda, serta dapat mencegah kerusakan skin barrier Anda.

Langkah 2: Menenangkan Kulit dengan Toner

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x