Mohon tunggu...
Queen An
Queen An Mohon Tunggu... Pemanah dan Penulis

Wanita sederhana yang punya mimpi besar. Menjadi pribadi yang berarti, memberi warna dalam setiap perjalanan kehidupan dan menjadi jalan bagi kebahagiaan orang lain. If you believe in yourself then everything will be possible

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Gaptek Nge-Zoom

7 Mei 2021   08:21 Diperbarui: 7 Mei 2021   08:24 51 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gaptek Nge-Zoom
Desain Pribadi

By Queen

Salam Sahabat.

Siapa yang doyan banget olahraga? perempuan pastilah ahlinya dalam bidang ini. Di mana-mana yang mengikuti olahraga didominasi oleh kaum perempuan. 

Bagi yang sudah terbiasa melakukan olahraga, pagi-pagi biasanya sudah datang dan bersiap untuk memulai kegiatannya disebuah sanggar kebugaran. Begitu pun dengan saya. Setelah hampir kurang lebih satu jam kegiatan olahraga itupun selesai. Para pencinta olahraga ini tidak hanya diikuti oleh anak milenial tetapi orang-orang yang sudah disebut  Balita atau  Jelita. Mereka bercampur dalam sebuah ruangan yang sama sehingga pada saat kegiatan berlangsung tidak ada perbedaan baik usia maupun kedudukan.

Saat bersiap untuk pulang saya menguping  obrolan di antara pencinta olahraga ini. Katanya, kegiatan untuk tadarus bulan Ramadan di komunitasnya tidak bisa diikuti karena harus  menggunakan  applikasi Zoom,   sedangkan dia gaptek apalagi tidak ada orang yang bisa membantunya di rumah. Handphone juga dipakai hanya  untuk  nge-WA saja dan menerima telepon atau menelepon anak, cucu, dan saudara.

Temannya  berkomentar bahwa handphone-nya juga tidak punya zoom karena tidak mengerti cara  menggunakannya. Saya berpikir bahwa selama ini kegiatan nge-Zoom tidaklah menjadi masalah  penting yang harus  dibicarakan atau dibahas karena itu mudah dipahami. Akan tetapi pada kenyatannya, di luar lingkungan kita masih ada orang yang mengeluh dengan kegiatan nge-Zoom ini.

Zaman now, memang semua dipaksa harus serba melek teknologi apalagi dengan kondisi adanya COVID -19.   Setiap otang yang berhubungan dengan orang lain baik, itu dalam sebuah komunitas maupun dalam ruang lingkup kerja yang notabene bukan lagi seorang pelajar  diharuskan dapat  menggunakan dan mengakses aplikasi Zoom.

Komunikasi melalui kegiatan  nge-Zoom ini disatu sisi banyak manfaatnya karena hubungan jarak jauh pun bisa didekatkan dan saat-saat seperti kondisi sekarang Zoom mampu menggeser fungsi telepon karena melalui zoom ini mereka bisa saling bertatap muka secara langsung dengan keluaga mereka beramai-ramai. Namun, di sisi lain mereka tidak merasakan manfaat dengan adanya fasilitas zoom ini karena masalah kegaptekannya sehingga memilih lebih baik diam  atau memilih  fasilitas WA saja yang masih terbatas khusus penggunaan layar camera.

Kendala lain selain gaptek adalah sinyal yang tidak mendukung terutama di wilayah-wilayah dataran tinggi sehingga kegiatan nge-Zoom ini pun bisa menjadi masalah. Hal lainnya dari kegaptekan mereka adalah malas menguntak-atik handphone  karena harus setting ini dan setting itu. Namun,  bagi mereka yang mau belajar mengutak-atik handphone bisa menjadi sebuah seni yang bisa dinikmati.

Seharusnya kegiatan nge-zoom ini bisa menghapus kegaptekan mereka dan bahkan dengan kegiatan nge-Zoom ini bisa menambah kebahagian mereka dengan melepas rindu kepada anak, cucu dan saudara. Apalah daya jika tidak pernah diadakan edukasi nge-Zoom bagi para Balita atau Jelita. 

Penting sekali untuk memberikan edukasi dan praktek secara langsung  kepada  mereka dengan begitu mereka tidak akan banyak bergantung kepada orang lain  dan bisa menikmati waktu kebersamaannya. Edukasi bisa dilakukan kepada semua orang tidak hanya kepada  anak milenial saja sehingga mereka tidak lagi berpikir bahwa orang lain lebih pintar dari dirinya.  Perbedaannya adalah bahwa mereka yang menggunakan aplikasi Zoom ini ada yang mengajarkan terlebih dahulu baik secara perorangan ataupun berkelompok  atau mereka berusaha sendiri dan mau belajar untuk tahu lebih banyak dan mereka yang ketinggalan dengan kemajuan ini hanya bisa mengurut dada dan pasrah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x