Mohon tunggu...
KKN DESA SUMBERPASIR 2021
KKN DESA SUMBERPASIR 2021 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

KKN Reguler Semester Antara Tahun 2021/2022

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN UM Gelar Kegiatan Sosialisasi Online Penanganan Stunting pada Anak di Desa Sumberpasir

28 Juli 2021   21:42 Diperbarui: 28 Juli 2021   22:03 36 0 0 Mohon Tunggu...


MALANG - Kesehatan merupakan hal terpenting dalam siklus mobilitas sehari-hari seorang individu. Kesehatan mencakup banyak faktor, mulai dari pemenuhan gizi, kebersihan, dan lain-lain. Sebagai poin pentingnya, kesehatan yang baik dimulai dari kecukupan gizi dari masa kehamilan seorang ibu sampai masa pertumbuhan anak. Hal tersebut diperkuat oleh data dan hasil penelitian beberapa ahli yang mengungkapkan bahwa pada awal kehamilan hingga 1000 hari pertama kehidupan, tergolong dalam fase kritis terjadinya permasalahan pertumbuhan.

Saat masa pandemi seperti saat ini, pola hidup masyarakat terasa diuji. Tak pandang usia, semua rentangan usia telah terdampak virus tersebut. Oleh karena itu, memenuhi faktor-faktor penting kesehatan akan dapat mengurangi resiko terdampak virus. Apalagi di Indonesia, bahkan sebelum masa pandemi, angka terjadinya stunting pada anak tergolong cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari data Pemantauan Status Gizi (PSG) bahwa stunting termasuk permasalahan gizi yang krusial pada anak dan cukup meningkat per tahunnya.

dokpri
dokpri

Berdasarkan kasus stunting di Indonesia, pemerintah telah sering menggencarkan kegiatan dalam rangka menurunkan angka stunting pada bayi, balita maupun anak. Sejalan dengan gerakan pemerintah, mahasiswa KKN UM 2021 turut andil dalam mengadakan sosialisasi penanganan stunting pada anak yang dilaksanakan di Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Penyuluhan ini dilaksanakan pada Sabtu (17/7) secara online karena bertepatan dengan adanya masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) nasional untuk mengurangi angka penularan virus COVID-19. Secara khusus, tim penanggung jawab program kerja ini, menghadirkan bidan Desa Sumberpasir, Kader Pembangunan Manusia Desa Sumberpasir, dan Ketua Tim Pelaksana PKK Desa Sumberpasir sebagai narasumber. Peserta dalam acara ini tidak lain yaitu mahasiswa KKN dan beberapa para kader posyandu dan PKK. 

dokpri
dokpri

Adapun produk pasca pelaksanaan program kerja sosialisasi online penanganan stunting yaitu berupa produk video siaran ulang sosialisasi online yang diunggah di channel Youtube KKN Desa Sumberpasir dan berupa infografis interaktif mengenai stunting di Desa Sumberpasir dan dilengkapi dengan barcode. Melalui penyuluhan ini, diharapkan dapat memberikan wawasan pada masyarakat setempat untuk melakukan tindakakan preventif stunting pada anak dan penanganannya.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN