Mohon tunggu...
Qowatin Nuril Qolifah
Qowatin Nuril Qolifah Mohon Tunggu... Guru - Guru PAUD

Saya seorang pendidik PAUD di lembaga TKIT AL USWAH di bawah naungan Yayasan Pesantren Islam AL USWAH. Hobi saya browsing internet tentang segala hal (pendidikan, resep, berita dan lain-lain). Konten-konten saya akan berisi tentang pendidikan dan keindahan Alam.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice: Permainan membuat buku

10 Desember 2022   14:15 Diperbarui: 10 Desember 2022   14:23 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

"Meningkatkan ketertarikan (aspek perkembangan bahasa) peserta didik dengan buku TK B2/ Andalusia di TKIT AL USWAH Singosari Malang Jawa Timur"

Sebagian besar peserta didik TK B2/ Andalusia di TKIT AL USWAH tahun ajaran 2022-2023 kurang tertarik dengan buku.

Kondisi yang melatar belakangi:

  • Buku yang tersedia di kelas kurang beragam
  • Orang tua tidak terbiasa membacakan buku
  • Peserta didik lebih tertarik gadget daripada buku
  • Harga buku bergambar/pop art/berwarna warni relatif lebih mahal
  • Pendidik saat membacakan buku, belum:
  • Menggunakan intonasi yang membuat peserta didik tertarik
  • Menirukan suara karakter dalam cerita
  • Menunjukkan ekspresi bervariasi
  • Mendramatisasi cerita dalam buku

Kelima poin di atas menjadi latar belakang munculnya masalah kurang tertariknya peserta didik dengan buku. Hal ini terlihat saat istirahat atau bermain bebas peserta didik yang tertarik dengan buku hanya 2-3 peserta didik (buku terjangkau/ buku diletakkan setinggi peserta didik). Model pembelajaran abad 21 belum diimplementasikan secara maksimal di kelas.

Pentingnya praktik ini dibagikan:

Praktik pembelajaran ini sebagai referensi rekan sejawat yang mengalami permasalahan yang sama di kelas. Permainan membuat buku dapat meningkatkan ketertarikan peserta didik dengan buku karena peserta didik bebas menuangkan ide atau gagasannya untuk membuat dan menghias buku.

Peran dan tanggung jawab pendidik dalam praktik

Pendidik memfasilitasi dan menstimulasi peserta didik untuk meningkatkan ketertarikan peserta didik terhadap buku dengan merancang pembelajaran, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Pendidik berperan menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan pembelajaran, mengarahkan dan tidak membatasi ide peserta didik saat kegiatan membuat buku. Pendidik melakukan proses pembelajaran inovatif sesuai rancangan pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dan melakukan refleksi.

Tantangan:

  • Pengkondisikan peserta didik khususnya peserta didik berkebutuhan khusus
  • Pemilihan model pembelajaran yang sesuai
  • Membangun kolaborasi setiap kelompok karena merupakan pengalaman pertama dan masih bersifat egosentris
  • Pemilihan kegiatan yang dirancang
  • Kemampuan pendidik menahan diri untuk membantu dan mengintervensi kegiatan bermain membangun peserta didik
  • Penggunaan teknologi dalam pembelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun