Mohon tunggu...
Qorry Zamaela Deandra
Qorry Zamaela Deandra Mohon Tunggu... Administrasi - idk

have a great day everyone

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Transformasi Komunikasi dan Dampak Covid-19

26 Juni 2021   14:02 Diperbarui: 26 Juni 2021   14:18 140 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

             Modernisasi adalah salah satu dari perubahan social yang terjadi di masyarakat, maka modernisasi tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Semua manusia terus berkembang dan selalu ingin berubah, manusia tidak bisa menghindari itu. Perubahan dalam kehidupan masyarakat ini merupakan fenomena social yang wajar terjadi karena setiap manusia pasti memiliki kepentingan yang tidak terbatas.        

            Salah satu bentuk konkrit dari perubahan social adalah modernisasi, yang merupakan arah perubahan budaya dan social yang terencana. Modernisasi merupakan salah satu masalah yang dihadapi masyarakat karena prosesnya mencakup berbagai bidang, termasuk masalah social, konflik antar kelompok dan hambatan perkembangan.

            Perubahan social bisa disebabkan oleh masyarakat itu sendiri ataupun dari faktor eksternal. Di zaman sekarang, perubahan social lebih banyak dating dari luar masyarakat. Jika kita lihat dari segi komunikasi, masyarakat dipaksa untuk menhubungkan apa yang mereka dengan dan lihat, apa yang mereka inginkan, apa yang mereka lakukan, dan apa yang mereka terima.

Seiring berkembangnya zaman, banyak sekali perubahan yang telah terjadi di bidang komunikasi. Perubahan teknologi komunikasi semakin pesat di  abad ke-20 ini. Perubahan ini ada yang terjadi secara lamban dan ada juga yang terjadi dengan sangat cepat. Perubahan yang terjadi di bidang komunikasi ini biasa disebut oleh para ahli sebagai transformasi komunikasi. Seseorang bisa menghubungi seseorang ataupun sekelompok tanpa dibatasi oleh jarak, dan waktu. Transformasi komunikasi ini juga memiliki dampak negative, maka ada beberapa ahli revolusi komunikasi yang menerimanya dengan hati -- hati.

            Transformasi komunikasi yang terjadi sekarang juga merupakan salah satu faktor manusia memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi. Di masa pandemic Covid-19 ini hampir seluruh masyarakat mengubah kebiasaannya dalam proses berkomunikasi. Kepentingan dari transformasi komunikasi dan perubahan social yang terjadi di masa pandemic ini khususnya di bidang pendidikan harus mencari jalan keluar dan berinovasi untuk beradaptasi dengan keadaan pandemic seperti sekarang agar proses belajar mengajar tetap bisa berjalan dengan baik. Di masa pandemic ini mahasiswa sulit untuk menuntut ilmu walaupun telah dilakukan kuliah secara daring.  Kuliah daring disebut kurang efektif karna ada beberapa bidang yang harus melakukan penelitian ataupun praktik tetapi terhambat karena adanya pandemic ini.

            Manusia dibekali oleh Tuhan dengan akal dan pikiran, maka dari itu manusia selalu mencoba hal baru atau menciptakan hal baru untuk memenuhi kebutuhannya ini juga disebabkan karna manusia memiliki rasa penasaran yang tinggi dan tidak pernah puas serta ingin berubah akan suatu hal. Modernisasi merupakan salah satu bentuk dari adanya perubahan social, yang awalnya dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat yang maju seperti sekarang, dan pandemic covid-19 ini membawa perubahan social yang dapat dibilang cukup signifikan dalam lingkungan masyarakat.

            Saat adanya pandemic covid-19 semua siswa dan mahasiswa dipaksa untuk belajar dari rumah masing -- masing untuk menekan angka penyebaran virus covid-19 ini karena pembelajaran secara tatap muka ditiadakan untuk sementara. Tidak mudah bagi para siswa, mahasiswa, guru dan dosen untuk beradaptasi dengan keadaan baru ini apalagi untuk guru dan dosen, karna masih banyak yang belum terlalu mahir dalam menggunakan teknologi internet. Adanya covid-19 juga menyebabkan terjadinya perubahan social yang cukup signifikan di setiap lapisan masyarakat

            Modernisasi adalah salah satu bagian dari perubahan social yang direncanakan. Modernisasi merupakan salah satu pemicu terciptanya alat -- alat komunikasi . Semakin mudahnya untuk mengakses media elektronik dan semakin luasnya pemanfaatan internet. Modernisasi yang terjadi dalam bidang teknologi sangat membantu dalam berjalannya komunikasi di masa pandemic seperti sekarang ini. Para siswa, mahasiswa, guru, dan dosen yang tadinya melakukan kegiatan belajar mengajar di di sekolah dan kampus, saat pandemic sekarang mereka mengubah kebiasaan mereka dengan melakukan kegiatan belajar mengajar melalui apikasi meeting online, walaupun mereka harus beradaptasi dengan kebiasaan yang baru ini terlebih dahulu. Para pekerja yang biasanya bekerja di kantor, untuk sementara mereka diwajibkan untuk Work from Home dan melakukan meeting online dari rumah. Untuk anak yang merantau, mereka harus menunda kepulangannya ke kampung agar tidak membawa virus untuk keluarganya disana dan melakukan komunikasi via video call. Orang tua yang tadinya tidak mengerti bagaimana menggunakan teknologi komunikasi dipaksa oleh keadaan sekarang yang sedang berada di masa pandemic untuk mengerti bagaimana cara menggunakan teknologi komunikasi seperti handphone agar tetap bisa berkomunikasi dengan keluarganya.

            Perubahan social terjadi karena ada faktor yang mempengaruhi jalannya proses perubahan, diantaranya adalah system pendidikan formal yang maju dan juga orientasi ke masa depan. Karena system pendidikan formal yang sudah maju maka sudah tidak terlalu sulit untuk para siswa dan mahasiswa untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar via daring dikarenakan mereka sudah terbiasa dalam menggunakan teknologi komunikasi. Dan berorientasi ke masa depan maka pembelajaran secara jarak jauh ini dilakukan, karena bila kita stuck di keadaan pandemic yang mengharuskan kita tidak melakukan kegiatan belajar mengajar di kampus dan menghentikan kegiatan belajar mengajar untuk sementara waktu tanpa memanfaatkan teknologi yang ada, kita bisa menjadi masyarakat yang tertinggal karena tidak bisa beradaptasi dan tidak berorientasi ke masa depan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan