Mohon tunggu...
Qori Mulyani
Qori Mulyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Pendidikan Seni Rupa Fakultas Pendidikan Seni dan Desain

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Memperkenalkan Teknik Cat Air untuk Melukis pada Siswa Kelas XII IPA3 MAS Ma Pusat Menes

1 Agustus 2021   09:23 Diperbarui: 1 Agustus 2021   09:30 89 0 0 Mohon Tunggu...

Seni budaya merupakan salah satu mata pelajaran yang di ajarkan pada proses pembelajaran disekolah, juga dianggap penting sebagai kemampuan dan kreatifitas manusia dalam mengasilkan karya dan mengembangkan kebudayaan. 

Seni budaya yang diajarkan sekolah pada umumnya disenangi oleh para siswa karena melalui pelajaran ini siswa dapat bereksplorasi, mengekspresikan ide nya pada karyanya, dan juga dapat membantu menghilangkan kejenuhan. Seni rupa salah satu kompetensi yang ada didalam seni budaya, yang materi paling awal di ajarkan pada siswa disekolah. 

Tentunya sebagai Mahasiswi KKN Tematik MBDBPE-MBKM UPI 2021 ingin memberikan terbaik untuk kelangsungan pembelajaran bagi siswa, dengan membantu guru mata pelajaran seni budaya untuk memperkenalkan salah satu teknik melukis yaitu, teknik cat air pada siswa kelas XII IPA 3 MAS Ma Pusat Menes sebagai sasaran sekolah pada program pendidikan KKN.

Pembelajaran ini dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2021, pada pukul 07.30 di MAS MA Pusat Menes. Teknik cat air adalah salah satu teknik pada karya seni rupa dua dimensi yang menurut wujudnya hanya dapat dilihat pada satu arah, dan hanya memiliki panjang dan lebar.  

Teknik Cat air ini sebelumnya di perkenalkan agar siswa dapat mengetahui wujud cat air, dan cara mengaplikasikannya. Tentunya, saat memperkenalkan cat air siswapun baru mengetahui cat air. Pada akhirnya, Mahasiswi KKN pun mengajarkan cara mengaplikasikannya pada kertas khusus cat air dibantu dengan media lainnya seperti, cat air, kuas, palet, botol air, tisu, dan wadah air.

Semua alat dan bahanpun sudah disediakan terlebih dahulu oleh Mahasiswi KKN agar siswa dapat langsung belajar dan dapat memudahkan siswa juga ketika alat dan bahannya sudah tersedia. Antusias siswa pun patut dipuji, semangat mereka sangat membangun Mahasiswi KKN untuk segera mengajarkan dan mendampingi mereka untuk melukis dengan teknik cat air. 

Selanjutnya, siswa pun bertanya cara menggunakan dan mengatur kadar air pada cat air tersebut dengan baik. Dengan bantuan dan arahan Mahasiswi KKN sangat membantu proses melukis siswa, siswa yang pada awalnya kebingungan itu Pun mulai perlahan membiasakan diri dengan alat dan bahan yang ada. Lukisan mereka yang sangat memuaskan meski waktu melukis mereka terbatas tetapi mereka mampu melukis dengan hasil yang membuat kagum Mahasiswi KKN.

 Mahasiswi KKN berharap teori dan praktek yang diajarkan kepada siswa kelas XII IPA 3 MAS MA Pusat Menes dapat bermanfaat dan menambah wawasan tentang teknik melukis cat air. Semoga mahasiswi KKN bisa mengajarkan teknik melukis lainnya kepada mereka.

 Mahasiswi sangat berterimakasih kepada siswa kelas XII IPA 3 yang sangat membantu dan berpartisipasi banyak pada pembelajaran dan pengenalan melukis menggunakan teknik cat air.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN