Mohon tunggu...
qonita sholihah
qonita sholihah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa uin malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perkembangan Kognitif Vygotsky

17 Maret 2021   22:06 Diperbarui: 17 Maret 2021   22:15 70 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perkembangan Kognitif Vygotsky
redindigina.net

Perkembangan kognitif merupakan salah satu perkembangan yang penting bagi pertumbuhan anak usia dini dan tentu nya diikuti dengan perkembangan-perkembangan yang lain juga. perkembangan kognitif menurut teori vygotsky adalah teori yang dikekumakan oleh Lev Vygotsky yang mana pada teori ini perkembangan kognitif itu mampu berkembang melaluo hubungan sosial yang baik Vygotsky merupakan seseorang psikologi dari Rusia dan dalam teori nya ia sangat menyakini bahwa seseorang mampu berkembangan kognitif nya secara baik jika seseorang mampu bersosialisai dengan lingkungan nya secara baik dan tentu nya juga lebih mudah mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang baru dan pengalaman pengeetahuan ini juga mampu berpengaruh pada anak usia dini, kita mampu melihat karakter anak usia dini melalui lingkungan nya salah satu nya karena lingkungan juga sangat mampu mempengaruhi pada setiap perkembangan anak. 

perkembangan bahasa pun sangat membantu dalam mengoptimalkan perkembangan kognitif anak untuk teori vygotsky ini karena jika anak hanya mampu bergaul dengan sebaya dan lingkungan nya tentu nya juga anak membutuhkan perkembangan bahsa yang baik karena jika anak perkembangan bahasa nya baik ototmatis kognitif nya juga baik dan mampu saling bertukar pembicaraan dengan teman-teman nya. pada teori ini terdapat 3 unsur yang paling oenting dalam mengembangkan perkembangan kognitif anak yaitu : 

1. zone of proximal development 

apasih yang dimaksud dengan zone of proximal development itu ...? yuk kita pelajari secara bersama-sama. zone of proximal development atau yang biasanya disingkat dengan ZPD yaitu adanya beberapa rangkaian tugas yang sulit untuk diselesaikan ataupun dipecahkan oleh anak usia dini namun tugas ini tentunya adanya bantuan dari teman-teman si anak ataupun juga mampu di bantu oleh seseorang yang lebih ahli seperti orang tua, guru, kakak dan pendamping anak tersebut dan ZPD ini dibagi menjadi 2 yaitu adanya pemecahan permasalahan anak secara mandiri dan pemecahan masalah di bantu dengan orang yang lebih dewasa dari anak tersebut 

2. Scaffolding 

apasih itu sesuatu yang asing bukan ...? bagi yang baru belajar hehehehe... tentunya iya ... karena disini kita akan sama-sama belajar dan saling membantu. oke Scaffolding yaitu suatu teknik dalam sebuah pembelajaran untuk mengubah suatu level dengan orang yang lebih ahli yang mana tekniknini bertujuan untuk anak semakin aktif dan tidak bergantung dengan seseorang sehingga anak mampu mengerjakan dengan baik dan percaya diri namun juga tentunya harus ada nya bimbingan terdahulu dan diajarkan kemandirian nakun dengan bertahap agar anak akan selalu merasakan kenyamanan dan percaya diri untuk mampu menyeselaikan permasalahan nya. 

3. Bahasa dan Fikiran 

Vygotsky menyatakan dengan ada nya bahasa maka anak mampu mengembangkan perkembangan kognitif dengan baik, bahasa itu tidak hanya untuk berkomunikasi dan bertukan percakapan namun juga mampu untuk menyeselaikan suatu persoalan dengan adanya bahasa anak mampu berinteraksi dengan lingkungan nya secara mudah. 

Terdapat 2 konsep bahasa dan pikiran menurut Vygotsky apakah itu .. ? yaitu : 

1. private speech atau yang di bahasakan lainnya yaitu bergumam atau ucapan yang dasar bagi anak yang mana biasanya di alami pada saat anak berusia 3-5 tahun dalam dalam teori ini adalah suatu hal yang penting bagi perkembangan si anak. 

2. inner speech adalah suatu bahasa atau ucapan yang digunakan oleh anak usia dini untuk berbicara sendiri dan tidak untuk berinteraksi dengan orang lain yang mana digunakan untuk merencanakan dan mengendalikan prilaku diri sendiri atupun yang bisa disebut juga pembicaraan secara batin yang mana ini wajar dilakukan olrh anak usia dini karena mempunyai tujuan yaitu untuk mengendalikan apa yang dilakukan diri nya sendiri (anak itu sendiri ). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN