Mohon tunggu...
Rifqi Royhani
Rifqi Royhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pamulang

Hallo, perkenalkan saya Rifqi Royhani. Usia saya 21 tahun. Saya berasal dari Tasikmalaya, dan sekarang tinggal di Pamulang, Tangerang Selatan. Saya merupakan seorang mahasiswi Semester 4 pada prodi Sastra Indonesia di Universitas Pamulang (UNPAM)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemanfaatan Media sebagai Alat Transmisi Bahasa dan Sastra kepada Masyarakat di Era Global

28 Oktober 2022   17:47 Diperbarui: 28 Oktober 2022   17:49 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kemajuan dan perkembangan teknologi saat ini sudah sangat berkembang. Tak terkecuali pada ranah belajar dan mengajar di tengah masyarakat dan siswa dimana pun mereka berada. Bermacam-macam teknologi media dan alat yang hadir saat ini untuk membantu keberlangsungan belajar dan mengajar.

Proses pembelajaran merupakan suatu proses komunikasi atau penyampaian pesan atau ilmu pengetahuan dari pengajar kepada siswa. Dalam proses pembelajaran ini, pesan/informasi Tersebut bisa diterima dan diberikan dalam bentuk dalam bentuk keterampilan, ide, sains, pengalaman dan lainnya. Agar pesan ataupun informasi ini dapat mudah diterima, maka penyampaiannya harus dimaksimalkan.

Berdasarkan segi sifatnya, media Dapat dibedakan menjadi 3 bagian, yaitu: media auditif, visual, dan audiovisual. Berdasarkan segi Jangkauannya, dibedakan menjadi media radio, televisi, film, dan video. Sementara berdasarkan segi pemakaiannya, dibedakan menjadi media proyeksi dan Bukan proyeksi.

Media pembelajaran adalah alat-alat yang digunakan oleh pengajar pada proses penyampaian bahan ajar. Alat bantu ini disebut juga dengan alat peraga karena berfungsi membantu dan memperagakan sesuatu dalam proses belajar. Media dan alat ini membantu memudahkan proses pembelajaran, seperti mempermudah proses belajar mengajar di kelas, meningkatkan efisiensi proses pembelajaran, meningkatkan konsentrasi belajar siswa sehingga prestasinya meningkat. Media pembelajaran ini harus sesuai dengan kurikulum, materi, dan tingkat kemampuan siswanya. Agar pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien.

Termasuk pada pembelajaran sastra, kegiatan ini sangat Membutuhkan media dalam proses transmisi ilmunya. Media yang dapat digunakan nya adalah berupa apa saja yang membantu transmisi pengetahuan dan ilmu tersebut.

Media sastra yang sesuai kurikulum dan lainnya tersebut juga bertujuan agar ilmu sastra tersebut dapat cepat berkembang dan diamalkan oleh siswa. Sehingga gampang untuk dipraktekkan dan siswa senang belajar sastra.

Misalnya, pada "pengetahuan pementasan drama" , dimana pada Sebuah pertunjukan drama tersebut banyak elemen yang harus diketahui dan dipelajari siswa seperti segala unsur pembangunnya, yang didalamnya ada tokoh, penokohan, alur cerita, latar panggung, serta akting yang dipertontonkan. Untuk menyampaikan pembelajaran ini, dimanfaatkan lah misalnya rekaman video dan alat Pemutarnya, bisa dengan laptop atau lainnya.

Melalui media ini, pengajar akan terbantu dalam menyampaikan dan mengajarkan sastra kepada siswanya. Teknologi media ini hadir untuk memudahkan proses belajar mengajar.

Karena kemajuan zaman ini, menuntut para guru dan pengajar harus aktif dan lebih kreatif lagi dalam menyampaikan ilmu yang lainnya juga. Saat ini ada juga yang disebut dengan Mobile learning yaitu model media pembelajaran yang memanfaatkan perkembangan teknologi seluler dan internet sebagai alat yang membantu proses belajar mengajar dari jarak jauh. Media ini menghadirkan gambar, audio, dan teks. Serta banyak juga media yang membantu lainnya.

Berikut beberapa manfaat dari penggunaan media sebagai alat bantu ajar adalah: (1) suasana belajar menjadi lebih menarik (2) meningkatkan minat belajar siswa (3) meningkatkan pemahaman materi oleh siswa (4) metode belajarnya lebih bervariasi dan banyak manfaat lainnya lagi.

Media dan guru sangat berperan sebagai fasilitator dan motivator yang baik dalam proses transmisi pengenalan dan pembelajaran bahasa dan sastra kepada masyarakat. Media yang sesuai ini mampu memberikan pengaruh dan meningkatkan gairahan belajar siswa dan masyarakat. Media dan pengajar ini juga bisa menstimulus dan menggali potensi yang baik masyarakat, sehingga meningkatkan kreativitas dan keahlian masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun