Mohon tunggu...
Qiqi NurIndah
Qiqi NurIndah Mohon Tunggu... Hi!

I'm still working on My Masterpiece

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Obat Alami Menyembuhkan GERD yang Wajib Kamu Tahu!

18 Juni 2021   10:30 Diperbarui: 18 Juni 2021   10:47 170 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Obat Alami Menyembuhkan GERD yang Wajib Kamu Tahu!
Obat Alami Menyembuhkan GERD yang Wajib Kamu Tahu! (Source: farmaciaolaiz)

Gerd atau penyakit Asam lambung merupakan salah satu penyakit dalam yang terjadi akibat adanya sekresi asam berlebihan di dalam kelenjar lambung, sehingga menyebabkan gejala terjadinya bau mulut, menghasilkan gas asam, sakit perut, perih di bagian tukak lambung, panas di teggorokan dan gejalan lainnya. Inilah yang kemudian memicu timbulnya sebuah reaksi tidak menyenangkan yang sering membuat perut begah, perih, dan tidak nyaman. 

Menurut salah satu ahli gizi terbaik Anshul Jain Bharat dari New Delhi, dilansir dari Food NDTV menyatakan jika faktor penyebab timbulnya Gerd (Asam Lambung) disebabkan karena kondisi jarak waktu makan yang lama, asupan teh, alkohol, dan kopi yang berlebihan, budaya merokok yang terus-terusan, serta kondisi perut kosong yang terlalu lama.

Untuk kamu yang sering terkena GERD, berikut ini obat alami untuk menyembuhkan GERD yang bisa kamu coba. Wajib tahu nih!

Chamomile

Obat alami menyembuhkan GERD yang pertama adalah Chamomile yang diseduh dengan air hangat. Obat herbal ini memiliki kandungan anti perdagangan dan anti mikroba yang baik untuk menyembuhkan segala macam penyakit yang berkaitan dengan asam lambung, merasakan rasa tidak nyaman pada esofagus, tukak lambung, dan perut begah. Apabila secara rutin minum Chamomile maka akan perlahan-lahan dapat mengendalikan penyakit Gerd.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Saat GERD

Licorice

Obat herbal kedua yang dapat dipergunakan untuk menyembuhkan penyakit asam lambung (Gerd) adalah Licorice (akar manis) yang bisa dibeli dalam bentuk teh, permen isap, dan lainya. Bagi praktis medis, obat herbal ini sangat disarankan bagi penderita GERD kronis. Cara kerja dari obat herbal ini yaitu meningkatkan produksi lendir di dalam tukak lambung, sehingga mampu melindungi lambung serta kerongkongan dari asam lambung.

Akar Tanaman Marshmallow

Obat alami menyembuhkan GERD yang ketiga adalah akar tanaman Marshmallow, yang merupakan bahan dasar pembuatan dari cemilan lembut Marshmallow yang saat ini sedang viral di kalangan remaja. Ekstrak akar tumbuhan ini baik sekali untuk meredakan gejala asam lambung ketika naik tiba-tiba. Cara mengkonsumsinya yaitu meminum akar tumbuhan tersebut sebanyak 2 hingga 5 militer selama tiga kali sehari secara rutin dan bertahap.

Baca Juga: Bagaimana Meningkatkan Antibodi?

Jahe

Obat alami keempat yang dapat menyembuhkan penyakit GERD atau asam lambung adalah Jahe. Semua praktisi kesehatan dunia telah menyepakati tumbuhan Jahe sebagai tanaman obat yang mampu menyehatkan sistem pencernaan manusia, serta mencegah peradangan pada organ tubuh. Cara mengkonsumsinya bisa berbagai macam cara, yaitu dengan mengunyah satu ruas potongan Jahe, membuatnya dalam bentuk jus, atau menyeduh dengan air hangat.

Slippery Elm

Obat alami menyembuhkan GERD yang kelima adalah Slippery Elm (Elm Licin) yaitu pohon hutan-hutan yang berasal dari Amerika Utara. Adapun bagian yang diambil sebagai bahan obat adalah kulitnya yang mengandung lendri baik untuk membantu serta mengurang rasa perdagangan pada saluran pencernaan. Saat ini, obat herbal ini telah dijual bebas dalam bentuk kapsul, bubuk, dan permen pelega tenggorokan sesuai dosis yang diberikan dokter.

Kayu Manis

Terakhir, obat herbal dan alami yang baik bagi para penderita GERD atau Maag akut adalah Kayu Manis. Tumbuhan asli Indonesia ini memiliki cita rasa manis, wangi, dan sedikit getir. Efek yang terjadi apabila mengkonsumsi Kayu manis adalah dapat memberikan rasa tenang pada lambung saat mengalami perdagangan tiba-tiba. Selain itu, kayu manis juga berfungsi meningkatkan proses pencernaan agar normal serta memberikan nutrisi seimbang yang alami. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x