Mohon tunggu...
Qiqi NurIndah
Qiqi NurIndah Mohon Tunggu... Hi!

I'm still working on My Masterpiece

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Fakta Pendidikan Siswa di Korea Selatan, Bikin Terkejut!

18 Juni 2021   07:00 Diperbarui: 18 Juni 2021   07:02 8211 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fakta Pendidikan Siswa di Korea Selatan, Bikin Terkejut!
Fakta Pendidikan Siswa di Korea Selatan, Bikin Terkejud! (Source: youthassembly)

Pendidikan merupakan prioritas utama yang harus didapatkan oleh siswa, baik itu dari jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas. Beberapa orang tua di Indonesia berkiblat kepada sistem pendidikan yang ada di Korea Selatan yang dianggap telah bagus. Namun apakah kamu belum tahu bahwa ada 6 fakta unik pendidikan siswa di Korea Selatan yang harus diketahui sebelum menerapkannya. Wow, ada apa saja ya faktanya?

Mata Pelajaran Yang Dipelajari

Fakta unik yang pertama, sistem pendidikan di Korea Selatan memiliki 10 mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa, yaitu pendidikan Etika, Hangul (bahasa Korea), Studi Sosial, Praktikum, Sains, Musik, Matematika, Bahasa Inggris, Seni Rupa, dan Olahraga. Ekstrakurikuler sangat penting bagi siswa di Korea Selatan untuk sumber awal pencarian bakat memilih jurusan yang tepat saat hendak mendaftar masuk Universitas negeri. 

Jam Belajar Efektif

Fakta lainnya dari pendidikan yang dialami oleh siswa di Korea Selatan dimulai dari Siswa Sekolah Dasar memiliki jam efektif belajar di Sekolah dari pukul 08.40 pagi hingga pukul 3 sore. Sementara itu, siswa Sekolah Menengah Pertama, mempunyai jam efektif belajar di Sekolah dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.000 sore. Namun, untuk siswa SMA memiliki waktu belajar yang sangat panjang, yaitu dari pukul 08.00 pagi hingga jam 23.00 malam.

Baca Juga: 4 Sekolah Termahal di Jakarta

Bimbel Merupakan Hal Wajib 

Fakta unik ketiga dari pendidikan siswa di Korea Selatan adalah kewajiban bagi siswa dari jenjang SD, SMP, dan SMA untuk Bimbel (hagwon) setelah menghabiskan waktu belajar satu harian di Sekolah. Terutama bagi siswa SMA, bimbel merupakan prioritas utama yang harus dilakukan agar memperoleh  pelajaran tambahan untuk persiapan tes masuk Universitas. Siswa harus membayar 500.000 won (Rp. 6 juta) untuk biaya bimbel per bulan. 

Sabtu Tetap Masuk Sekolah

Fakta unik keempat, setiap siswa di Korea Selatan wajib masuk di hari Sabtu untuk belajar di Sekolah seperti biasa. Alasannya, karena sistem rata-rata sekolah di Korsel adalah 5,5 hari, sehingga pada hari Sabtu diberlakukannya belajar bersama guru untuk setengah hari saja. Dengan demikian, apabila dihitung dalam waktu satu tahun, rata-rata siswa di Korsel bersekolah selama 220 hari, dan ini berbeda dengan Amerika yang hanya 180 hari saja. 

Baca Juga: 6 Sekolah Termahal di Dunia

Tes Masuk Universitas Sangat Ketat

Fakta unik berikutnya dari pendidikan siswa di Korea Selatan selalu belajar dengan sungguh-sungguh untuk bisa lulus tes masuk Universitas ternama di Korea Selatan, seperti Seoul University, Korea University, dan Yonsei University. Ketika seleksi tes masuk ke ketiga Universitas diselenggarakan, pemerintah akan ikut serta menjaga konsentrasi siswa dengan membuat suasana belajar agar tetap hening dari segala macam aktivitas apapun. 

Baca Juga: Peraturan Sekolah Teraneh

Orang Tua Memiliki Peran Lebih 

Terakhir, fakta unik yang harus disadari dari sistem pendidikan di Korea Selatan adalah setiap orang tua memiliki peran lebih untuk mendorong anaknya menjadi seorang politikus, dokter, dan insinyur ternama. Itulah sebabnya, orang tua selalu menuntut anaknya agar belajar dengan giat nonstop untuk berhasil mengejar kesuksesan tersebut. Saat seleksi masuk Sekolah dan Universitas, orang tua akan berbondong-bondong berdoa di Kuil dan Gereja. 

Demikianlah informasi terpercaya mengenai 6 fakta menarik dari pendidikan siswa di Korea Selatan, yang dapat menjadi petunjuk bagi orang tua di Indonesia, sebelum menerapkannya kepada anak-anaknya. Intinya, melalui info ini dapat disimpulkan, bahwa pendidikan merupakan hal utama yang harus diberikan kepada anak. Bahkan, seluruh anak juga memiliki impian yang sama untuk terus bersemangat belajar agar cita-cita dan impiannya terwujud.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x