Mohon tunggu...
Qiqi NurIndah
Qiqi NurIndah Mohon Tunggu... Hi!

I'm still working on My Masterpiece

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Cara Menabung yang Tepat agar Gajian Nggak Cuma Numpang Lewat

14 Juni 2021   12:10 Diperbarui: 14 Juni 2021   12:16 491 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Menabung yang Tepat agar Gajian Nggak Cuma Numpang Lewat
Cara Menabung yang Tepat Agar Gajian Nggak Cuma Numpang Lewat (Source: Pixabay/nattanan23)

Menabung merupakan proses menyisihkan uang dalam tempat tertentu yang digunakan untuk keperluan lain di masa mendatang. Bisa juga digunakan untuk keperluan mendadak untuk kamu yang tidak memiliki dana darurat. Kegiatan menabung seringkali disepelekan. Sehingga begitu gajian, cepat sekali habisnya. 

Hal demikian terjadi karena kamu tidak bisa mengelola keuangan dengan baik. Cara menabung sebenarnya tidaklah susah jika memiliki niat dan komitmen. Banyak orang beralasan tidak bisa menabung karena bergaji kecil. Atau tidak bisa menabung karena keperluan dan kebutuhan hidup yang besar. 

Baca Juga: Rajut Kebiasaan Menabung dengan Celengan Impian

Sebenarnya, menabung hanyalah soal niat dan kemauan. Bisa saja kamu sudah memiliki niat, namun tidak tahu cara menabung atau menyisihkan uang. Yuk, simak cara menabung berikut,

Membuat catatan keuangan

Catatan keuangan yang dimasud dalam hal ini adalah kebutuhan-kebutuhan selama satu bulan. Perlu sekali untuk kamu membuat catatan rutin keuangan. Dalam hal keluar ataupun masuknya uang. Sekecil apapun, kamu tidak boleh meremehkan ini. Karena dari sini kamu dapat belajar disiplin dalam menjaga keuangan. 

Terlebih untukmu yang bergaji kecil. Catatlah dulu batas pagu dan nominal yang akan kamu tabung. Tidak perlu dengan nominal besar terlebih dahulu. Buatlah dengan nominal yang kecil. Sehingga jika kamu merasa masih mampu, kamu dapat menambahkan nominal tersebut. Baiknya kamu menyimpan 10%-20% dari uang gajimu.

Baca Juga: Ketika Raditya Dika Beri Kado Saham Kepada Anaknya

Menabung setiap awal gajian

Kiat selanjutnya adalah segera menabung begitu menerima uang gajimu. Jangan menunda-nunda untuk menabung atau menunggu setelah belanja keperluanmu. Akibatnya, jika belanja keperluanmu banyak, kamu tidak akan bisa menabung. Baiknya, kamu menyisihkan nominal uang yang kamu tabung di awal penerimaan gaji. Dan harus disiplin ya!

Miliki dua rekening yang berbeda

Alangkah baiknya jika menyisihkan uang tabungan dengan uang kebutuhan sehari-hari. Buatlah dengan rekening yang berbeda. hal lain yang perlu diperhatikan adalah membuat uang tabungan di rekening bank yang memiliki potongan kecil setiap bulannya. Jangan menggunakan atm untuk menabung. Tentu saja hal ini digunakan agar menghindari godaan jika sewaktu-waktu anda menggunakannya. 

Kamu boleh menggunakan atm hanya untuk kebutuhan sehari-harimu. Sehingga mau tidak mau, kamu hanya akan menggunakan dana yang tersisa dalam atm keperluan harianmu

Baca Juga: 4 Tips Menabung di Rumah

Mencoba investasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x