Mohon tunggu...
Media pencari ilmu
Media pencari ilmu Mohon Tunggu... Pencari ilmu

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Akhlak Rasulullah SAW Ketika Berjalan

21 Februari 2020   18:52 Diperbarui: 21 Februari 2020   18:54 3 0 0 Mohon Tunggu...

Bagaimanakah cara berjalan yang mempunyai nilai adab?
Bagaimanakah Rasulullah Saw mengajarkan kita ketika berjalan ?
Tidak Hanya Ibadah Serta Bentuk Muamalah Yang Dapat Diambil Dari Rasulullah Saw Tetapi Juga Akhlaq Beliau Yang Diliputi Oleh Kebaikan Didalamnya. Jika Di Dunia Ini Ada Seorang Bangsawan Yang Sangat Dihoramti, Dikenang Sepanjang Masa, Diambil Pelajaran Dan Hikmah Darinya Dan Disanjung Karena Akhlaknya,, Maka Orang Itu Pasti Rasulullah Saw.
Rasulullah Saw merupakan suri tauladan yang baik untuk seluruh umat manusia, sehingga seluruh aspek kehidupan yang beliau contohkan patutlah kita ikuti karena semua itu memiliki nilai sebagai akhlaq yang sangat mulia dan memiliki nilai keberkahan. Allag Berfirman :
"Sesungguhnya telah ada pada (diri) rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut allah. " (QS. Al Ahzab : 21)
Pada kesempatan kali ini, ari sama sama kita amati bagaimanakah Baginda rosulullah Saw berjalan. Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan.
Tidak Sombong
Jika berjalan rasulullah Saw tidak menunjukkan sifat kesombongan. Allah Swt Berfirman:
(: 37)
"Dan janganlah kamu berjalan dimuka bumi ini dengan sombong karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali tidak akan sampai setinggi Gunung (QS. Al Isra: 37) "
Kesombongan yang dimaksud disini adalah enggan menerima kebenaran serta menganggap semua makhluk adalah rendah.
Ketidaksombongan yang diajarkan oleh Al Quran memiliki korelasi terhadap Akhlaq rasulullah, karena akhlaq rasulullah adalah al quran. Ini dijelaskan pada hadits yang diriwayatkan oleh ummul mu'minin, Aisyah radiyallahu 'anha, ketika beliau ditanya:
"wahai ummul Mukminin, ceritakanlah kepada kami bagaimana akhlaq Rasulullah Saw ! Aisyah Menjawab: Bukankah kalian Membaca Al Quran? Para sahabat menjawab: ya. Aisyah berkata: akhlaq Nabi Saw. Adalah Al Quran (HR. Muslim No. 746)"
Cepat dan Fokus
Dari Waki' Menceritakan Kepada Kami, Ia Mengatakan Ayahku Menceritakan Kepadaku, Dari Al Mas'udi, Dari Utsman Bin Muslim Bin Hurmuz Dari Nafi' Bin Jubair Bin Muth'im Dari Ali Bin Abi Thalib, Ia Mengatakan " Bila Nabi Saw Berjalan, Maka Beliau Berjalan Dengan Merunduk Seolah Turun Dari Ketinggian."
Dari Hadits diatas kita dapat mengambil beberapa poin pelajaran yang sangat berkesan dengan apa yang dijelaskan pada hadits tersebut :
Rasulullah berjalan dengan cara merunduk bukan takut kepada musuh musuhnya, akan tetapi agar tetap fokus kepada tujuan awal dan tidak terganggu konsentrasinya. Merunduk pula adalah cara agar kita dapat menjaga pandangan kita. Dan walaupun merunduk kita tetaplah waspada sehingga mampu berjalan dengan cepat.
 Masya allah ... banyak sekali akhlaq Rasulullah Saw yang dapat kita ambil, semoga kita selalu istiqomah dalam menjalani itu semua. Semoga bermanfaat ....

Sumber : https://muslim.or.id/34522-cara-berjalan-ala-rasulullah.html

Nurhamida Nasution

VIDEO PILIHAN