Mohon tunggu...
Qatrunnada Rafifa
Qatrunnada Rafifa Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis yang masih belajar menulis

Saya seorang penulis amatir. Disini saya ingin belajar menjadi penulis yang lebih baik.

Selanjutnya

Tutup

Games Pilihan

Gamers Membuat Remaja Sering Bertutur Kata Tak Sesuai Norma, Bagaimana Cara Mengatasinya?

29 November 2022   22:41 Diperbarui: 29 November 2022   22:47 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kita sudah sering mendengar akhlak. Tapi apa reader tau apa itu akhlak? Dan apa saja macam-macam akhlak? 

Akhlak adalah tingkah laku seseorang baik sesuai dengan ajaran Islam maupun norma kehidupan. Agama Islam mengajarkan umatnya untuk berakhlak terpuji. Akhlak juga menjadi penilaian dan cerminan dari tingkah lakunya sehari hari.

Akhlak berhubungan dengan norma kesusilaan. Norma kesusilaan adalah aturan aturan hidup tentang tingkah laku yang baik dan buruk. Nilai-nilai kesusilaan itu tersimpan pada hati nurani setiap manusia.

Dari penjelasan di atas dapat kita ketahui bahwa akhlak terbagi atas beberapa macam. Apa saja yang reader ketahu tentang macam-macam akhlak? Sebelum itu tentu kita harus memilih dan memiliki akhlak yang baik.

Yang pertama, akhlak mahmudah yaitu perilaku atau tingkah laku yang sesuai dengan ajaran Islam dan norma kehidupan. Akhlak mahmudah juga disebut dengan perilaku yang baik. Akhlak yang dicerminkan Rasulullah itulah akhlak mahmudah.

Salah satu akhlak mahmudah adalah amanah. Menyampaikan pesan yang diberikan guru melalui kita kepada teman teman, juga termasuk amanah. Orang yang berakhlak mahmudah tentu disenangi oleh banyak orang.

Akhlak mahmudah ini diperintahkan Allah dalan surah Al-Baqarah ayat 148. Yang artinya: "... maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Dimana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh Allah MahaKuasa atas segala sesuatu.

Dalam ayat tersebut Allah memerintahkan kita untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Diartikan juga untuk berbuat baik kepada sesama. Allah juga menyukai orang yang berperilaku baik.

Yang kedua, akhlak mazmumah yaitu akhlak tercela yang tidak sesuai dengan agama Islam. Akhlak yang tidak sesuai dengan norma kehidupan. Akhlak-akhlak yang dibenci oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Banyak sekali perilaku dari akhlak mazmunah. Memanggil teman dengan nama panggilan yang buruk salah satunya. Perilaku ini sangat sering kita temui dikehidupan sekolah. Akhlak mazmunah sangat tidak patut untuk dipraktekan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun