Mohon tunggu...
Putri Wulandari
Putri Wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Follow your heart, but take your brain with you

putriwulandari22022000@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

3 Jenis Basic Skincare yang Wajib Kamu Punya!

27 November 2021   19:00 Diperbarui: 27 November 2021   19:02 111 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Source: Klik Dokter

Skincare merupakan kunci dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Di masa ini, banyak influencer atau penggiat sosial media yang berbondong-bondong membahas mengenai skincare. Efeknya, banyak sekali jenis skincare yang bisa menjadi pilihan untuk perawatan kulit. 

Sebelum menggunakan rangkaian skincare rutin yang panjang, kita dianjurkan untuk menentukan jenis kulit terlebih dahulu. Kemudian, mencari tahu mengenai kandungan yang ada dalam skincare. Dan tentunya, memenuhi kebutuhan basic skincare.

Apa itu basic skincare?

Basic skincare adalah serangkaian perawatan kulit dasar dan sederhana yang terdiri dari cleanser (pembersih), moisturizer (pelembab), dan proteksi berupa sunscreen atau sunblock.

Cleanser (pembersih) merupakan skincare yang bertujuan membersihkan kulit dari kotoran, make-up, dan minyak berlebih. Banyak sekali jenis cleanser yang beredar di pasaran. Jenis cleanser ini dibedakan berdasarkan bahan utama dan bentuknya. Tentunya, memilih cleanser harus disesuaikan dengan jenis kulit. Mulai dari milk cleanser, micellar water, facial foam, gel cleanser, cleansing oil, dan cleansing balm.

Moisturizer merupakan skincare yang bertujuan memberikan dan menjaga kelembaban kulit. Moisturizer itu tidak hanya digunakan oleh orang dengan kulit yang kering, tetapi juga orang dengan kulit berminyak. Orang dengan kulit berminyak harus memilih moisturizer yang ringan agar tidak menyumbat pori-pori dan memperparah produksi minyak pada kulit. Banyak sekali jenis moisturizer, mulai dari yang berbentuk krim siang dan malam, gel moisturizer, hingga moisturizer yang berbentuk cair (Hydrating toner).

Sunscreen atau sunblock bertujuan untuk memberikan perlindungan kulit dari sinar UVA dan UVB. Kulit yang terkena sinar UVA bisa menyebabkan sel-sel kulit lebih cepat menua dan menyebabkan keriput. Sedangkan, UVB bisa merusak lapisan terluar kulit, yaitu lapisan epidermis. Tanpa proteksi, semua produk yang digunakan akan menghasilkan efek yang kurang optimal.

Sunscreen dan sunblock merupakan produk dengan tujuan yang sama tetapi dengan cara kerja yang berbeda. Sunscreen merupakan pertahanan kimiawi, menembus kulit dan menyerap sinar UV sebelum mencapai dan merusak lapisan kulit. 

Sedangkan sunblock mengandung bahan-bahan organik dan non-organik yang ada di permukaan kulit untuk mencegah sinar UV menembus ke dalam kulit. Sunscreen bekerja dari dalam kulit, sedangkan sunblock bekerja seperti payung di permukaan kulit.

Yuk, mulai lakukan perawatan kulit secara rutin agar kulit senantiasa sehat dan cantik!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan