Mohon tunggu...
Putri Wulandari
Putri Wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Follow your heart, but take your brain with you

putriwulandari22022000@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

6 Jenis Buah yang Tidak Perlu Disimpan di Lemari Pendingin!

26 November 2021   19:00 Diperbarui: 28 November 2021   20:24 128 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Buah Buahan Tropis (Tribun Style)

Kulkas atau lemari pendingin merupakan alat elektronik yang berfungsi menurunkan suhu sayur, buah, atau makanan dengan tujuan agar tahan lebih lama. Namun, ternyata ada beberapa buah yang dianjurkan untuk disimpan di kulkan, loh! Berikut 6 jenis buah yang tidak boleh disimpan di kulkas.

Buah mangga merupakan salah satu buah tropis yang sangat digemari. Saat musimnya, buah manga sangatlah melimpah dan dapat dibeli dengan harga miring. Oleh karena itu, banyak orang yang membeli mangga dan menyimpannya di lemari pendingan agar tetap segar. Sayangnya, hal itu bukanlah hal yang tepat. Menyimpan buah mangga di lemari pendingin akan membuat buah mengalami chilling injury. 

Chilling injury adalah kerusakan fisiologis untuk buah sel membran yang mungkin terjadi setiap saat karena kondisi lingkungan selama musim tanam, transportasi, distribusi, penyimpanan di toko atau di kulkas saat disimpan di rumah. Chilling injury menyebabkan rusaknya tampilan, mengurangi rasa buah, dan menjadikan buah lebih cepat busuk sehingga tidak dapat dikonsumsi.

Buah-buahan yang tumbuh di negara tropis biasanya sangat sensitif terhadap suhu yang dingin. Bahkan, setelah menyimpannya beberapa jam dalam suhu di bawah 16C menyebabkan pisang mengalami perubahan warna. Perubahan warna tersebut dikarenakan melambatnya aliran udara pada buah pisang yang belum dikupas, sehingga cepat membusuk. Selain pisang dengan suhu dingin membuat rasa tidak lezat, kandungan vitamin C-nya juga akan hilang.

Sebagian besar buah-buahan memang lebih lezat dikonsumsi dalam keadaan dingin, tetapi tidak dengan buah alpukat yang masih mentah. Jika alpukat dimasukkan ke dalam lemari es, proses pematangannya akan berjalan lebih lambat dan akan lebih lama mengonsumsinya. Nah, jika buah berwarna hijau ini sudah matang, barulah bisa disimpan di dalam kulkas.

Jenis buah lainnya yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas yakni buah melon. Tentu saja buah melon yang belum dikupas dan dipotong akan memakan tempat di kulkas karena ukurannya yang besar. Selain itu, cara penyimpanan ini pun bisa menghilangkan kandungan senyawa antioksidan yang ada pada buah melon, lho! Jadi, buah ini termasuk yang tahan lama tanpa perlu masuk kulkas.

  • Semangka

Kalau sudah dipotong, buah semangka rentan terpapar bakteri jahat. Apalagi jika dibiarkan di wadah terbuka. Kulkas bisa menjadi tempat bakteri berkembang biak. Kalau sudah dipotong-potong lalu disimpan di kulkas, semangka bisa jadi tempat bakteri jahat berkembang biak. Oleh karena itu, lebih baik semangka disimpan di suhu ruang, atau setelah dipotong bisa langsung dikonsumsi hingga habis.

Sebuah penelitian dari University of Florida melibatkan lebih dari 25.000 tomat yang dibagi menjadi dua jenis untuk melihat perbedaan tomat yang tidak dimasukkan ke kulkas, yang disimpan di dalam kulkas, dan yang dikembalikan pada suhu ruang. Hasilnya, mendinginkan buah tomat ternyata berpengaruh terhadap berkurangnya aktivitas gen terutama yang menghasilkan enzim yang membuat tomat menjadi manis dan aroma yang segar. Oleh karena itu, tomat menjadi buah yang akan tahan lama tanpa perlu masuk kulkas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan