Mohon tunggu...
putu shinta aiswarya
putu shinta aiswarya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Nama : Putu Shinta Aiswarya NIM : 2012061003

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menilik Fitur LINE Today: Apakah Berdampak pada Psikologis Manusia?

27 Oktober 2021   23:21 Diperbarui: 28 Oktober 2021   12:44 150 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

                                                                                                           Sumber Gambar : google.com

Sabtu, 09 Oktober 2021-Saat ini, era digital semakin bertransformasi dengan menampilkan dan menginovasikan beragam teknologi. Salah satunya adalah menciptakan aplikasi pada gadget yang dapat memudahkan pekerjaan manusia. LINE, menjadi alternative bagi masyarakat khususnya kaum pelajar hingga yang memasuki masa bekerja tak jarang memakai aplikasi ternama ini.

 

Lalu muncullah pertanyaan, bagaimana LINE dapat berguna bagi masyarakat? Banyak yang mengatakan bahwa aplikasi ini seperti layanan SMS. Namun jangan salah kaprah dulu, justru LINE merupakan sebuah aplikasi jenius yang mampu mengirimkan pesan singkat dengan berbagai fitur di dalamnya, seperti dapat mengirim gambar ataupun video dengan kualitas HD, telepon dan video call gratis, lowongan pekerjaan, pencarian alumni, games, bahkan hingga pemberitaan seputar Indonesia dan dunia yang terdapat di fitur LINE Today.

 

Aplikasi yang dirilis tanggal 23 Juni 2011 ini tidak hanya untuk mengirimkan pesan singkat atau telepon saja. Namun, fitur LINE Today seperti yang kita ketahui, merupakan sebuah platform untuk mengumpulkan berbagai berita ataupun konten (news aggregator) yang menyajikan berita actual atau pula trending topic. 

Berdasarkan laporan Cheetah Data dari divisi big data Cheetah Mobile, LINE mendapatkan posisi delapan besar sebagai platform social messenger yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia yang menyusul WhatsApp, YouTube, dll. Maka, tak diragukan lagi kredibilitas Line Today sebagai penyalur berita masyarakat.

 

Dibalik suksesnya LINE Today dalam membuat pembacanya tergugah, ternyata terdapat berbagai dampak yang ditimbulkan. Mulai dari sosial, ekonomi, hingga psikologi. Khusus pada tulisan ini, yang diambil hanya berdasarkan perspektif psikologi. 

Seperti yang kita ketahui, LINE Today banyak memuat berita local hingga mancanegara yang sedang dibahas saat ini atau bersifat actual, karena setiap harinya akan selalu di update terkait pemberitaan terbaru. Jadi, masyarakat tidak akan tertinggal update berita, mulai dari politik, sosial, selebritas, prestasi, ekonomi, dsb.

 LINE Today berdasarkan perspektif psikologi adalah hal sebagai penyalur atau media komunikasi yang dapat membangun minat baca seseorang. Yang kita tahu, minat baca masyarakat Indonesia masih jauh dari standarisasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan