Mohon tunggu...
I Gede Putu Pratama
I Gede Putu Pratama Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mempublikasi konten terkait Kuliah Kerja Nyata

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN Undip: Edukasi Pentingnya Menghemat Bahan Bakar dan Servis Rutin Kendaraan Bermotor

11 Agustus 2022   11:23 Diperbarui: 11 Agustus 2022   11:51 269 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemberian Edukasi Terkait Pentingnya Menghemat Bahan Bakar Kepada Warga Kelurahan Lamper Tengah/dokpri

Semarang (11/08) -- Salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II 2021/2022 Universitas Diponegoro pada hari Rabu, 27 Juli 2022 silam telah melaksanakan program kerja monodisiplin berupa pemberian edukasi kepada warga RW 04 Kelurahan Lamper Tengah, Kecamatan Semarang Selatan mengenai pentingnya menghemat bahan bakar serta servis kendaraan sercara rutin. Pemenuhan program ini dilakukan dengan upaya sosialisasi yang dilaksanakan di Balai RT 01 RW 04, Kelurahan Lamper Tengah. Kegiatan dihadiri oleh Ketua RW 04, Ketua RW 01, beserta beberapa warga RW 04.

Kendaraan bermotor merupakan salah satu fasilitas yang utama digunakan oleh masyarakat setiap harinya. Tentunya dengan penggunaan kendaraan bermotor ini diperlukan konsumsi bahan bakar yang sesuai dan mencukupi untuk mendukung keseharian masyarakat. Hal ini tentunya juga berlaku di Kelurahan Lamper Tengah. Warga Lamper Tengah mengandalkan kendaraan bermotor ini untuk kesehariannya, mulai dari kalangan bawah, menengah, hingga atas.

Namun, naiknya harga bahan bakar sejak bulan April silam meresahkan masyarakat, terutama warga yang berasal dari kalangan menengah kebawah. Dengan itu warga harus mencari cara untuk mengatasi permasalahan ini.

Pemberian Edukasi Kepada Warga Kelurahan Lamper Tengah/dokpri
Pemberian Edukasi Kepada Warga Kelurahan Lamper Tengah/dokpri

Oleh karena itu, I Gede Putu Pratama (Mahasiswa KKN Tim II 2021/2022 Universitas Diponegoro) berinisiatif untuk memberikan edukasi terkait pentingnya menghemat bahan bakar serta servis rutin untuk kendaraan bermotor.

Beberapa cara untuk menghemat bahan bakar adalah dengan menggunakan kendaraan umum untuk bepergian, menggunakan pendingin udara mobil seperlunya, mematikan kendaraan saat berhenti dalam durasi panjang, mengecek rutin tekanan angin ban, dan merawat mesin kendaraan secara rutin.

Salah satu aspek yang membuat borosnya bahan bakar adalah kendaraan bermotor yang tidak terawat. Kendaraan bermotor yang jarang dirawat atau diservis akan mengeluarkan polusi udara yang lebih tinggi apabila dibandingkan kendaraan yang dirawat secara rutin. Maka, sebaiknya kendaraan bermotor diservis secara rutin, setiap 2000 km untuk sepeda motor, dan 5000-10000 km untuk mobil.

Pemberian Edukasi Kepada Warga Kelurahan Lamper Tengah/dokpri
Pemberian Edukasi Kepada Warga Kelurahan Lamper Tengah/dokpri

Edukasi yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan diikuti oleh warga berlangsung secara lancar. Warga RW 04 Kelurahan Lamper Tengah pun terlihat antusias dan menyimak edukasi yang diberikan oleh mahasiswa.

Selain edukasi, terdapat juga serah terima serta penempelan poster di balai RW 04 yang berisi beberapa tips untuk menghemat bahan bakar. Poster ini ditempel di tempat yang strategis agar mudah untuk dilihat dan diakses oleh warga Kelurahan Lamper Tengah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan