Mohon tunggu...
Putri WindaManalu
Putri WindaManalu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI

KKN Tematik Literasi 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik Literasi UPI 2021: Peran Orangtua sebagai Upaya Meningkatkan Minat Literasi Anak

23 September 2021   19:12 Diperbarui: 23 September 2021   19:14 64 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik Literasi UPI 2021: Peran Orangtua sebagai Upaya Meningkatkan Minat Literasi Anak
Dokumen pribadi

Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis OECD pada tahun 2019, Indonesia menempati ranking ke 62 dari 70 negara atau berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah. Sungguh ironis, tetapi kita tidak bisa tinggal diam akan hal tersebut. Kita harus melakukan gertakan agar masyarakat Indonesia melek akan Literasi

Oleh karena itu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata Tematik Literasi dan Rekognisi Program Merdeka Belajar yang bertujuan untuk dapat meningkatkan budaya literasi di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Literasi merupakan kedalaman pengetahuan seseorang terhadap suatu subjek ilmu pengetahuan. Literasi juga merupakan kunci untuk meningkatkan kompetensi yang kita miliki. 

Literasi terdiri dari beberapa jenis yaitu literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya. Salah satu jenis literasi yaitu baca tulis. 

Literasi baca tulis merupakan dasar yang harus dimiliki seseorang, literasi ini juga merupakan kemampuan memahami teks, audio, video, dan gambar yang akan dituangkan dalam tulisan.

Peran orang tua dalam mengembangkan minat baca pada anak sangat penting. Orang tua disini memiliki peran sebagai pendidik utama sebelum anak mengenali apapun. 

Motivasi orang tua dalam membantu menumbuhkan minat dan kebiasaan membaca pada anak sangat penting, terutama pada usia dini, anak harus diberi stimulus lebih agar dapat memahami bahwa literasi baca harus dilakukan.

Program meningkatkan minat literasi yang dilakukan  dengan cara membuat media pembelajaran mengenal "Litetasi Dasar". Orang Tua Siswa Kelas IX melaksanakan pendampingan melalui WhastApp Grup, yaitu memberikan video pembelajaran yang menarik untuk disampaikan kepada siswa, membuat poster lalu membagikannya, dan berdiskusi dengan orang tua siswa mengenai kesulitan kesulitan yang dihapadi siswa selama pembelajaran berlangsung.

Dengan adanya kegiatan KKN Tematik UPI yang bertema pada Literasi, diharapkan dapat memberikan manfaat dan meningkatkan minat pada masyarakat. Dikarenakan literasi sangatlah penting untuk masa depan.

Penulis :

Putri Winda Manalu, Program Studi Pendidikan Manajemen Perkantoran, Universitas Pendidikan Indonesia.

Drs. Tatang Permana, M. Pd Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 37

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan