Mohon tunggu...
Putri Widya
Putri Widya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Artikel

Keunikan Bahasa yang Beragam, kena Imbas bagi yang Tak Paham

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Keunikan Bahasa yang Beragam, Kena Imbas bagi yang Tak Paham

28 Oktober 2021   09:09 Diperbarui: 28 Oktober 2021   09:16 108 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Keunikan bahasa yang beragam, kena imbas bagi yang tak paham

Penulis : Putri Widyaningrum

Seperti yang kita ketahui fungsi utama bahasa adalah sebagai alat berinteraksi dengan manusia, alat untuk berfikir, serta menyalurkan arti kepercayaan di masyarakat. Di samping itu bahasa juga berfungsi sebagai identitas suatu suku atau bangsa karena keunikannya. Karena setiap suku atau bangsa tentunya memiliki bahasa yang beragam.

Di samping itu, keberagaman bahasa inilah yang seringkali menimbulkan kalimat ambigu. Kalimat ambigu dapat membuat pembaca atau pendengar merasa bingung. Karena jenis kalimat ini memiliki makna ganda, sehingga dikhawatirkan  dapat menimbulkan kesalahfahaman saat membaca atau mendengar kalimatnya.

Contohnya saja "Mundhut", dalam bahasa jawa kata ini berarti "Mengambil". Kata ini biasa  digunakan ketika ingin membeli sesuatu. Namun  lain cerita ketika kita beralih ke Kota Madura, rasanya tidak tepat kata itu di ucapkan ketika kita sedang berbelanja disana. Jika kita mengucapkan kata "Mundhut" ketika hendak membeli sesuatu mereka akan mengira kita akan mengambil barang dagangannya tanpa membayar. Hal seperti itulah yang dapat menjadi penyebab adanya kesalahfahaman.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan