Mohon tunggu...
Putri Widiarti Mariyono
Putri Widiarti Mariyono Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro

practices makes perfect

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Mahasiswa Undip Kenalkan Sains Aplikatif Melalui Fun Chemistry Experiment sebagai Solusi Meningkatkan Minat Belajar Siswa

11 Agustus 2022   13:01 Diperbarui: 11 Agustus 2022   13:15 109 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sains adalah ilmu pengetahuan sistematis tentang alam serta dunia fisik yang membahas tentang fisika, kimia, botani, zoologi, geologi, dan lain sebagainya. Bermain sains pada anak usia dini memiliki manfaat bagi pengembangan potensi anak. Mengenalkan sains justru bukan dalam bentuk mengerjakan rumus dan berhitung. 

Melainkan mengajak anak untuk melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan minatnya terhadap pelajaran sains, seperti kimia, fisika dan biologi. Namun, selama ini guru cenderung mengajarkannya sebagai formalitas dan kurang dalam melakukan eksperimen bersama anak-anak. 

Padahal, sains sangat butuh eksperimen untuk memicu minat anak sejak dini. Melihat permasalahan tersebut, Putri Widiarti, mahasiswa KKN Undip membuat Program kerja edukasi tersebut yaitu "Fun Chemistry Experiments" yang merupakan metode pembelajaran sains berbasis permainan bagi anak-anak.

Kegiatan ini dilaksanakan bersama siswa sekolah dasar yang berada di lingkungan RW 5, Kelurahan Gajahmungkur. Sejumlah 6 orang siswa hadir untuk mengikuti edukasi ini. Terdapat 2 ekperimen yang dilakukan. Eksperimen pertama berjudul "Jembatan Warna". Eksperimen ini cukup sederhana, yaitu dengan menyiapkan gelas kosong dan dua gelas berisi air berwarna. 

Kemudian dimasukkan tisu diantara gelas-gelas tersebut. Perlahan air dari gelas akan berpindah ke gelas lainnya dengan perantara tisu. Hal ini disebut dengan peristiwa kapilaritas.

Dokpri
Dokpri

Eksperimen kedua berjudul "Lampu Lava". Anak-anak menyiapkan wadah yang berisi air berwarna. Kemudian dimasukkan minyak ke dalam gelas tersebut. Lalu tablet alka-seltzer dimasukkan dan akan menghasilkan gelembung yang membawa air terangkat keatas dan melewati minyak sehingga tercipta efek lampu lava. 

Anak-anak terlihat antusias dalam mengikuti edukasi ini. Selain mengadakan edukasi, booklet yang berisi prosedur eksperimen juga dibagikan agar anak-anak dapat mencobanya di rumah. 

Dengan adanya kegiatan ini, anak-anak dapat mengenal sains secara menyenangkan. Pengenalan sains sejak dini dapat meningkatkan cara berpikir anak untuk dapat lebih kritis, kreatif, serta dapat mengeskplorasi fenomena sains dalam kehidupan sehari-hari.

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan