Mohon tunggu...
Putri Wedari
Putri Wedari Mohon Tunggu... Administrasi negara 18

UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi

Terciptanya Pelayanan yang Baik dengan Membangun Etika Birokrasi

19 November 2019   22:24 Diperbarui: 19 November 2019   22:23 0 0 0 Mohon Tunggu...

Mengenai pelayanan birokrat kepada masyarakat saat ini masih sangat kurang baik. Semakin hari kita semakin dipertontonkan dengan berbagai masalah-masalah birokrasi di negeri ini.

Mental birokrat yang lamban dalam melayani masyarakat sedangkan harapan masyarakat semakin ingin cepat selesai seperti urusan surat-menyurat. Hal ini terjadi karena pemerintah lambat mengambil kebijakan sehingga menyebabkan patologi birokrasi. Selain itu hal ini juga disebabkan oleh peran birokrat yang kurang memahami tugasnya dan birokrat dengan jajarannya sama-sama memiliki kepentingan.


Presiden Jokowi akan memangkas birokrasi, rencana ini diungkapkannya dalam pidato usai dilantik menjadi Presiden RI untuk periode 2019-2024.


Banyak masyarakat yang menginginkan birokrasi dipercepat prosesnya dan masyarakat juga menginginkan sikap para birokrat yang ramah dan tidak mempersulit. Jadi dengan memangkas birokrasi dan membuat trobosan-trobosan dengan lebih menegaskan untuk  menerapkan etika birokrasi sebaik-baiknya dengan begitu mungkin akan efesien dan efektif sehingga tercipta pelayanan para birokrat yang baik, ramah, tidak memihak, dan tidak bertele-tele. Karena jika tahapan terlalu banyak kerjanya menjadi bertele-tele, resikonya birokrasi membengkak dan tak ada gunanya.


Etika birokrasi memiliki nilai-nilai keutamaan yang sangat berhubungan dengan hak-hak dasar warga negara selaku makhluk sosial. Seperti penghormatan terhadap HAM untuk menegakkan keadilan. Sehingga sebaiknya etika birokrasi perlu dibangun di dalam diri birokrat dengan cara pemerintah memberikan motivasi kepada para birokrat seperti memberikan gaji yang tinggi, kompensasi atau fasilitas yang memadai sehingga dapat mendorong  para birokrat untuk meningkatkan kinerjanya.


Selain itu juga diperlukan pengadaan untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan dan skills para birokrat dengan lebih serius melaksanakan pelatihan dan pendidikan atau melakukan training agar para birokrat dapat menerapkan etika birokrasi yang sudah tertulis dan diatur oleh pemerintah. Etika birokrasi yang seharusnya ada dalam diri birokrat adalah bisa meningkatkan nilai Responsiviness di dalam dirinya, yaitu memiliki daya tanggap terhadap keluhan, masalah, dan aspirasi masyarakat dengan cepat dipahami dan berusaha memenuhi. Tidak suka menunda-nunda waktu dan memperpanjang alur pelayanan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x