Mohon tunggu...
Putri Wavidz Damayanti
Putri Wavidz Damayanti Mohon Tunggu... Lainnya - نساء

Aku Bisa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Psikologi Anak

29 September 2019   21:49 Diperbarui: 29 September 2019   21:55 611 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Psikologi Anak
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Psikologi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan fungsi secara mental pada manusia. Psikologi anak adalah cabang dari ilmu psikologi dan mempelajari tumbuh dan perkembangan anak serta perilakunya. Bidang psikologi menyelidiki perubahan yang terjadi seperti kemampuan motorik, perkembangan kognitif, kemampuan mengalami keputusan,pemahaman moral, bahasa, perubahan sosial dan kepribadian. Ada dua teori yang menjelaskan tentang pertumbuhan anak:

1. Piaget yang meyakini bahwa tumbuh kembang anak merupakan faktor internal anak.

2. Vygotsky yang mengungkapkan bahwa tumbuh kembang anak merupakan hal yang ditentukan oleh lingkungan.

Psikologi anak tertarik untuk memahami bagaimana tumbuh kembang terjadi. Konteks sosio-kultural memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap tumbuh kembang anak. Bayi biasanya akan mencoba untuk menirukan perilaku dari orang dewasa untuk memberi rangsangan atas apa yang mereka inginkan.

Pada saat anak mulai bicara, mereka mengutamakan pembicaraan untuk mendapatkan tanggapan dari orang dewasa. Pada saat umur sekitar dua tahun, mereka memahami berbagai macam aspek yang ada dalam dunia mereka. Pada saat mencapai usia sekolah mereka mulai membuat banyak keputusan mengenai lingkungan mereka. Penerapan psikologi difokuskan pada penggunaan untuk membantu anak dan mendukung mereka dalam kehidupan.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x