Mohon tunggu...
Putri Viola
Putri Viola Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Sumatera Utara

Saya adalah mahasiswi sosiologi dari universitas sumatera utara, saya bergabung di himpunan jurusan yaitu ikatan mahasiswi sosiologi dengan ini saya melatih skill saya dalam membuat tulisan-tulisan yang diharapkan dapat bermanfaat bagi semua orang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Pengaplikasian Totebag sebagai Pengganti Kantong Plastik Guna Mewujudkan Ramah Lingkungan

16 Oktober 2022   17:19 Diperbarui: 16 Oktober 2022   17:33 720
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Berbelanja merupakan salah satu hal yang digemari masyarakat di masa kini. Ketika berbelanja, pasti kita diberi kantong plastik sebagai tempat barang belanjaan kita. Sudah kita ketahui, bahwa di Indonesia para pedagang pastinya masih banyak yang menggunakan kantong plastik untuk diberi ke konsumen. 

Padahal, jika kita ketahui dalam penggunaan kantong plastik itu bisa menjadi sebab adanya limbah plastik. Sedangkan limbah plastik adalah bahan yang sulit di daur ulang sehingga dapat merusak lingkungan. Maka dari itu, untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, maka ketika kita berbelanja dapat menggunakan tas belanja seperti totebag.

Totebag ramah lingkungan merupakan ide usaha yang timbul dari permasalahan sosial, yaitu banyaknya penggunaan plastik yang mencemari lingkungan. 

Dari permasalahan tersebut, muncul ide untuk membuat produk pengganti kantong plastik berbahan ramah lingkungan. Tujuannya untuk menciptakan produk pengganti yang tidak menggantikan fungsi utamanya dan totebag ramah lingkungan berbahan kain kanvas dengan desain yang memiliki nilai tambah. 

Totebag juga sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat umum. Dengan penggunaan totebag, dapat membantu mengatasi limbah plastik yang hampir menjadi permasalahan terhadap lingkungan dengan pengaplikasian di bidang pemasaran.

Plastik adalah salah wadah yang banyak digunakan oleh masyarakat dalam membawa belanjaan untuk membantu pekerjaan manusia. Selain itu, plastik mudah didapatkan, ringan dan murah. 

Maka dari itu, plastik banyak diminati oleh masyarakat dan banyak kebutuhan yang berbau plastik berdampak pada meningkatnya limbah plastik yang dapat mencemari lingkungan. 

Maka dari itu, masyarakat yang masih menggunakan kantong plastik agar mengurangi penggunaan kantong plastik sebagai kantong belanja dalam bentuk pengurangan produksi limbah plastik. 

Sampah plastik sudah menjadi masalah utama di perkotaan, termasuk di lautan. Akibat dari adanya sampah plastik menimbulkan masalah kesehatan manusia, dapat membunuh berbagai hewan dan  merusak lingkungan secara sistematis. 

Karena itu, jika tidak dikelola secara serius, pencemaran sampah plastik akan berbahaya bagi bumi sendiri. Adanya pola penanganan sampah di indonesia hanya menggunakan cara paling mudah, yaitu dengan mengumpulkan, mengangkut, kemudian membuang. 

Pemerintah telah membuat kebijakan umum untuk pola penanganan sampah tersebut dan telah terlaksanakan. Salah satu langkah mengurangi sampah plastik di Indonesia adalah dengan menerapkan larangan penggunaan kantong plastik dan beberapa kota di Indonesia sistem ini sudah mulai diterapakn.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun