Mohon tunggu...
Putri Simamora
Putri Simamora Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiwa Ilmu Komunikasi UAJY

Jakarta - Sumatra - Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pilih Mana? Media Analog atau Media Digital?

22 September 2021   01:37 Diperbarui: 22 September 2021   02:01 78 2 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pilih Mana? Media Analog atau Media Digital?
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Di dunia ini , perubahan sangat  cepat terjadi. Salah satu perubahan yang paling cepat berubah  yaitu kemunculan internet. Internet membuat segala sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin, mengubah sesuatu yang sulit menjadi gampang dan yang jauh menjadi dekat. Internet sering  di sebut juga  dengan media digital yang pada zaman ini merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yan harus di miliki. 

Perkembangan teknologi memang tak dapat dipungkiri di zaman milenial saat ini. Kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan memang menjadi kekuatan utama digitalisasi media dapat berjalan dan berlangsung hingga saat ini. 

Seperti dilansir dari Tempo.co, hal ini sampai mengakibatkan beberapa media diluar negeri gulung tikar seperti Tribune, New York Times, majalah Newsweek, majalah Reader's Digest, dan Rocky Mountain News

Untuk memperjelas bagaimana digital media menjadi lebih diminati oleh banyak orang, maka di dalam tulisan ini, penulis akan membahas mengenai analog media vs digital media berdasarkan buku Brian Carroll yang berjudul Writing fo Digital Media.

Apakah itu analog media vs digital media?

Analog media adalah media tradisional yang belum terhubung dengan internet.  misalnya seperti majalah, koran cetak, tape, rekaman, flyer dan lain sebagainya. 

Sedangkan media digital adalah media yang digunakan orang sebagai sarana informasi melalui platform digital,yang terhubung  ke internet.  

Simak Berikut ini!

Berbicara mengenai hal ini, pasti kedua ini memiliki perubahan yang sangat signifikan. Berdasarkan sumber yang dimiliki oleh penulis, dikatakan bahwa perbedaan keduanya terletak pada pola komunikasi yang ada. 

Jika pada analog media komunikasinya satu arah, berbeda dengan digital media, dimana komunikasinya  menjadi dua arah penulis dan pembaca bisa saling terhubung.

Media digital saat ini dimana  Media digital lebih bisa memberikan ruang kepada para pembaca agar tidak menjadi pasif, tetapi aktif. Misalnya saja  pembaca bisa memberi tanggapan, pertanyan, saran  pada kolom comment yang tersedia dibagian bawah sebuah tulisan. Hal mendasar ini lah yang membedakan kenyamanan menggunakan media digital.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan