Mohon tunggu...
Putri septia Wuragil
Putri septia Wuragil Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi berenang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Pentingnya Pendidikan dan Perkembangannya di Indonesia

10 Juni 2024   19:00 Diperbarui: 10 Juni 2024   19:14 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Shaun Curry AFP/ Kompas Internasional

PENDAHULUAN

Pendidikan memainkan peran penting dalam menciptakan peluang dan membuka pintu menuju masa depan yang lebih baik. Ketika seorang anak mendapatkan pendidikan yang baik, mereka akan mendapatkan pengetahuan serta keterampilan yang dapat membantu dalam mendapatkan pekerjaan yang layak, memiliki kepribadian serta karaktek yang baik, membangun karier dan relasi serta berkontribusi kepada masyarakat. Selain itu pendidikan juga dapat menjadi sarana untuk mengatasi kemiskinan dan ketidaksetaraan. 

Dengan memberikan akses pendidikan yang sama kepada semua orang, pendidikan dapat membantu mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial. Hal ini membuat pendidikan sangat penting di negara seperti Indonesia, dimana perbedaan ekonomi dan sosial masih menjadi masalah yang serius. Permasalahan sosial ekonomi inilah yang semakin membuat pentingnya pendidikan bagi generasi penerus bangsa.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Pendidikan merupakan pondasi bagi setiap negara, pendidikan pun menjadi salah satu upaya kita untuk menanggulangi kebodohan dan kemiskinan yang terjadi di Negara kita yaitu Negara Indonesia. Karena jika berbicara mengenai pentingnya pendidikan bukan hanya sekedar tentang belajar membaca, menulis, atau menghitung. Akan tetapi pendidikan lebih dari itu, pendidikan adalah alat yang membentuk karakter, mengembangkan keterampilan dan mendorong pemikiran kritis untuk membangun seorang individu yang mampu berkontribusi dan berkompetisi di tengah-tengah masyarakat. 

Sebenarnya pendidikan bisa kita dapat lakukan atau kita peroleh dimana saja dan kapan saja. Pendidikan sangat berdampak besar bagi pengaruh perkembangan masa depan. Tidak hanya untuk  diri sendiri, bahkan dapat pula berpengaruh bagi bangsa dan Negara Republik Indonesia. Pendidikan bersifat Formal dan Non formal , untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, serta Perguruan Tinggi merupakan Pendidikan formal. Sedangkan untuk Pendidikan Non formal seperti Pondok pesantren, mengikuti kursus atau Les dan lain sebagainya. Bagaimanapun cara kita dalam menempuh Pendidikan ini asal dengan memiliki niat serius itu akan sangat berdampak besar bagi masa depan diri sendiri maupun orang lain.

Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto menegaskan bahwa pendidikan berperan penting dalam menentukan kemajuan atau kemunduran suatu bangsa. Sebab Pendidikan bisa meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan menjadi aset utama dalam membangun bangsa dan negara.

Menurut saya, salah satu hal yang sangat penting dan harus dimiliki manusia dalam hidupnya adalah Pendidikan. Dimana Pendidikan dapat membentuk seseorang sehingga menjadi memiliki rasa atau nilai yang luhur dalam diri, bertanggung jawab, disiplin, toleransi serta cinta tanah air. Disamping itup  pendidikan itu sendiri memberikan keterampilan serta pengetahuan terhadap setiap yang terlibat di dalamnya. 

Lingkungan seperti Masyarakat, sekolah, dan keluarga sendiri dapat menjadi tempat pembelajaran untuk mendapatkan atau menerima pendidikan. Masyarakat dapat membantu menjadi wadah dalam menciptakan suasana lingkungan yang sesuai untuk pembentuk karakter peserta didik bagi generasi bangsa. Begitupun dengan sekolah yang harus memberikan atau menanamkan pendidikan berupa aspek emosional, sosial, moral serta spiritual. Begitupun dengan lingkungan keluarga seperti orang tua harus memberikan contoh tauladan untuk anaknya.

Kemudian untuk perkembangan Pendidikan di Indonesia telah melalui berbagai perjalanan yang menarik mulai dari zaman kuno hingga di era digital sekarang ini. Pendidikan Indonesia saat ini sudah memiliki akses yang luas seperti dengan adanya program Kartu Indonesia Pintar (KIP) itu berguna untuk memperluas akses Pendidikan bagi anak-anak di seluruh negeri,kemajuan teknologi, kurikulum yang relevan dimana dari yang sudah kita alami bahwa kurikulum di Indonesia telah mengalami beberapa perubahan untuk menyesuaikan kebutuhan zaman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun