Mohon tunggu...
Putri Salsabilla Maulia
Putri Salsabilla Maulia Mohon Tunggu... Mahasiswa PPKn Universitas Pamulang

Dengan bekal ilmu seseorang bisa bertahan hidup..

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Perencanaan Pembelajaran PPKn yang Baik

23 Juni 2021   15:15 Diperbarui: 23 Juni 2021   15:40 68 1 0 Mohon Tunggu...

A. Pendahuluan

Perencanaan Pembelajaran berperan penting dalam membantu guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik. Perencanan Pembelajaran juga merupakan langkah awal dalam melaksanakan pembelajaran berlangsung. Dalam merencanakan sebuah pembelajaran perlu bai guru untuk mengembangkan kompetensi sesuai dengan bidang studi, mengelola pembelajaran yang baik, metode teknik belajar yang tepat dengan bidang studi, dan juga system penilaiannya. Pelaksanaan pembelajaran itu tentu saja sangat spesifik dipengaruhi oleh berbagai hal seperti siapa yang belajar artinya disini siswa yang belajar karena tiap siswa belajar meliki keunikan yang berbeda-beda dari tiap individu lainnya, apa yang dipelajari yakni berkaitan dengan materi yang dipelajari yang diberikan oleh seorang guru.

B. Pengertian Perencanaan Pembelajaran

Perencanaan pembelajaran terdiri atas dua kata, yakni kata perencanaan dan pembelajaran.Perencanaan berasal dari kata rencana yaitu pengambilan keputusan tentang apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Perencanaan adalah 

sebagai suatu proses untuk menetapkan "kemana harus pergi" dan bagaimana untuk sampai "ke tempat" itu dengan cara efektif dan efisien.

Pembelajaran dapat diartikan sebagai proses kerja sama antar guru dan siswa dalam memanfaatkan segala potensi dan sumber yang ada, baik potensi yang bersumber dari dalam diri siswa itu sendiri seperti minat,bakat dan kemampuan dasar yang dimiliki termasuk gaya belajar maupun potensi yang ada di luar diri siswa. Oleh karena itu mengajar merupakan bagian dari pembelajaran (instruction) dimana peran guru lebih ditekankan kepada bagaimana merancang atau mengaransemen berbagai sumber dan fasilitas yang tesedia untuk digunakan atau dimanfaatkan siswa dalam mempelajari sesuatu.

Perencanaan pembelajaran merupakan suatu proses kegiatan yang merumuskan tujuan-tujuan apa yang ingin dicapai oleh suatu kegiatan pembelajaran, cara apa yang digunakan untuk menilai pencapaian tujuan tersebut, materi atau bahan apa yang akan disampaikan, bagaimana cara menyampaikan bahan serta media atau alat apa yang diperlukan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran tersebut. Ide perencanaan pembelajaran yang baru dikenal sekitar tahun 50-an, sekarang telah luas memengaruhi pemikiran tentang pendidikan. Betapa tidak pendidikan itu ditujukan kepada anak didik. Anak didik merupakan pewaris hari depan masyarakat terhadap hari depan itu manusia selalu mempunyai angan-angan, cita-cita, rencana yang akan dicapai. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memungkinkan manusia menyusun rencana itu secara sistematis dengan menggunakan perhitungan-perhitungan, maka lahirlah perencanaan pembelajaran dalam arti modern.

Secara garis besar perencanaan pengajaran mencakup kegiatan merumuskan tujuan apa yang ingin dicapai oleh suatu kegiatan pengajaran, cara apa yang akan dipakai untuk menilai pencapaian tujuan tersebut, materi/ bahan apa yang akan disampaikan, bagaimana cara menyampaikannya, alat atau media apa yang diperlukan. Perencanaan Pembelajaran sebagai pedoman mengajar bagi guru/calo guru dan pedoman belajar bagi siswa. Perencanaan Pembelajaran merupakan acuan jelas, oprasional, sistematis sebagai pedoman guru dan siswa dalam pembelajaran yang akan dilakukan.

C. Kriteria, Langkah-langkah Penyusunan, dan Fungsi Perencanaan Pembelajaran

Beberapa kriteria penyususnan perencanaan perencanaan :

1. Signifikansi: Bahwa perencanaan pembelajaran hendaknya bermakna agar prosespembelajaran berjala efektif dan efisien.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN