Mohon tunggu...
Putri PatriaKusumastuti
Putri PatriaKusumastuti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Awardee Beasiswa Unggulan 2017 di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Traveling, Photography, Motivation's related things.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apasih Pentingnya Divisi Public Relation di Dunia MICE?

16 Juli 2021   15:50 Diperbarui: 16 Juli 2021   17:01 946
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pentingnya Divisi Public Relation atau Hubungan Masyarakat Pada Setiap Kegiatan MICE

Public Relations (PR) atau hubungan masyarakat seringkali menjadi sebuah divisi khusus pada perusahaan/kegiatan. Fungsi manajemen dari divisi public relations umumnya adalah untuk melakukan kegiatan komunikasi yang efektif, membentuk citra positif, membangun kredibilitas yang terpercaya dan juga pencegahan terhadap kemungkinan adanya resiko atau isu.

Sedangkan fungsi utama public relations adalah menumbuhkan hubungan baik antar Lembaga (organisasi) dengan publiknya, internal maupun eksternal dalam rangka menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi public dalam upaya menciptakan iklim pendapat (opini public) yang menguntungkan lembaga organisasi (Nova, 2009:38).

Public relations menjadi sumber informasi bagi pihak-pihak terkait baik pihak internal maupun ekternal. Oleh karena itu, PR dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan baik dan mampu menganalisis opini publik untuk mendapatkan good will dan good image.

Aktivitas utama yang biasa dilakukan oleh public relations antara lain; menjalin hubungan baik dengan media (media relations), pemerintahan, dan juga perusahaan; membuat press release; customer relations; merencanakan serta mengorganisasikan event. Maka dari itu, public relations memiliki peranan yang penting dalam proses pengelolaan MICE.

Dalam kegiatan MICE, public relations merupakan salah satu divisi yang penting karena acara pasti membutuhkan massa, dan untuk mengumpulkan massa dibutuhkannya publikasi yang baik yang dilakukan oleh public relations. Divisi ini bertugas untuk membagikan informasi umum mengenai kegiatan yang akan diselenggarakan dengan metode komunikasi dua arah sehingga bisa mendapatkan umpan balik dari khalayak. Selain itu, melakukan kerjasama dengan media partner untuk memperluas publisitas kegiatan. 

Membuat press release dan memberikannya kepada media partner untuk segera di publish. Menjalin kerjasama dengan pemerintah ataupun asosiasi terkait untuk meminta dukungan dari mereka atas kegiatan yang akan diselenggarakan, karena semakin banyak pemerintah ataupun asosiasi terkait yang mendukung, semakin tinggi pula kredibilitas acara tersebut. Namun, public relations tidak bekerja sendiri, harus ada pula kerjasama yang baik antar divisi lain agar tidak terjadi kesenjangan komunikasi dan agar kegiatan MICE tersebut terselenggara dengan baik sesuai dengan harapan dan tujuan.

Dibuat oleh: Putri Patria Kusumastuti, awardee Beasiswa Unggulan 2017 di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun