Mohon tunggu...
Putri Oriordan
Putri Oriordan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Undip 2018

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa KKN Undip Gencarkan Pentingnya Stimulasi Perkembangan Balita

1 Agustus 2021   12:08 Diperbarui: 2 Agustus 2021   14:03 131 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Gencarkan Pentingnya Stimulasi Perkembangan Balita
Perkembangan Balita

Kulon Progo (21/07) - Sejak tanggal 30 Juni 2021, Universitas Diponegoro telah menerjunkan mahasiswa untuk melaksanakan KKN Pulang Kampung. Kegiatan KKN kali ini menciptakan berbagai program inovatif yang dihasilkan oleh tiap mahasiswa. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada kader posyandu, selama ini masyarakat sangat jarang diberikan arahan mengenai stimulasi perkembangan balita. Maka dari itu, salah satu mahasiswa Undip menginisiasi edukasi mengenai pentingnya stimulasi perkembangan balita melalui berbagai permainan yang dapat dilakukan dirumah dengan didampingi oleh orangtua.

Masa balita merupakan golden periode setiap anak dalam mengalami perkembangan. Perlu adanya upaya pendampingan orangtua agar perkembangan anak dapat terjadi secara optimal. Hal tersebut menjadi latar belakang tercetusnya program edukasi stimulasi perkembangan balita di Dusun Nglengkong. Edukasi pentingnya menstimulasi perkembangan balita yang dilaksanakan oleh Putri Oriordan Yunedi, mahasiswa yang melaksanakan KKN di Dsn. Nglengkong, Ds. Giripurwo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.  Kegiatan edukasi tersebut dilaksanakan secara online dengan membagikan booklet kepada masyarakat yang mempunyai balita di Dusun Nglengkong. Pembagian booklet dilaksanakan pada hari Rabu (21/07) melalui grup dan jalur pribadi (chat). Sasaran dari edukasi stimulasi perkembangan balita ini adalah  seluruh masyarakat Dusun Nglengkong yang mempunyai balita, yaitu anak yang berusia 12-60 bulan (1-5 tahun).

Sebelum membagikan booklet, mahasiswa mengumpulkan data balita Dusun Nglengkong terlebih dahulu. Setelah dikelompokkan berdasarkan usia balita, mahasiswa membagikan booklet dengan menjelaskan panduan membacanya sesuai dengan usia balita. Selain membagikan melalui WhatsApp, mahasiswa juga terbuka menerima pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh orangtua balita berkaitan dengan permasalahan perkembangan yang dialami oleh anaknya. Respon positif dituaikan oleh masyarakat Dusun Nglengkong mengenai terlaksananya program KKN tersebut. Masyarakat mulai menyadari bahwa stimulasi dengan bermain sangat penting bagi anak dalam upaya mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan.

Penulis : Putri Oriordan Yunedi/Keperawatan 2018/FK Undip

Dosen Pembimbing : dr. Farmaditya Eka Putra, M.Si., Ph.D   

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x