Mohon tunggu...
Putri Maharani
Putri Maharani Mohon Tunggu... Mahasiswi

Bahasa dan Sastra Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

PD Aja! Kamu Istimewa, Girls!

16 Oktober 2020   13:57 Diperbarui: 16 Oktober 2020   16:28 269 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PD Aja! Kamu Istimewa, Girls!
source: pinterest

Kepercayaan diri adalah sikap pada diri seseorang yang dapat menerima kenyataan, dapat mengembangkan kesadaran diri, berfikir positif, memiliki kemandirian, dan mempunyai kemampuan untuk memiliki serta mencapai segala sesuatu yang diinginkan. -Anthony

Tidak percaya diri atau dizaman sekarang lebih sering dikatakan dengan insecure. Apa itu insecure? Insecure merupakan kondisi ketika seseorang merasa ragu atau tidak percaya dengan dirinya sendiri. Di berbagai macam media sosial seperti, instagram, twitter, dan tiktok saat ini sedang ramai para perempuan yang menunjukkan rasa tidak percaya dirinya karena melihat perempuan-perempuan lain yang menurut mereka lebih cantik atau sering disebut good looking. Padahal setiap perempuan pasti memiliki kecantikannya sendiri dari segi manapun.

Pentingnya Percaya Diri

Dengan percaya diri kita bisa lebih melihat dengan luas kelebihan-kelebihan yang kita miliki daripada hanya melihat kekurangan dalam diri kita. Sebagai perempuan, kita harus percaya dengan diri kita dan kemampuan kita. Dengan kita percaya sama diri kita sendiri, orang lain akan ikut senang melihatnya dan ikut percaya dengan kita. Kepercayaan diri merupakan salah satu modal utama kesuksesan untuk menjalani hidup dengan penuh optimisme dan kunci kehidupan berhasil  dan bahagia (Leman, 2000; Taylor, 2009).

Apa kamu bagian dari orang-orang yang lagi merasa insecure?  Kalo iya, yuk simak cara-cara menaikkan percaya diri kamu berikut!

1. Yakin dengan Diri Sendiri

Yakin bahwa kita bisa mencapai apa yang kita inginkan. Misalnya, seperti remaja perempuan yang ingin memiliki wajah yang bersih dan tidak berjerawat kita bisa merawatnya dengan memakai skincare (tapi mempunyai jerawat itu wajar kok), atau yang ingin menurunkan berat badan juga bisa untuk melakukan olahraga, dan percaya kalau yang kita lakukan pasti berhasil dengan waktunya masing-masing. Jadi girls, selama ada keyakinan, gak ada hal yang gak mungkin untuk kamu raih! Tapi ingat ya, setiap orang punya waktu dan timeline-nya masing-masing, jadi keep spirit!

2. Tidak Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Seperti pepatah bilang, "rumput tetangga jauh lebih hijau daripada rumput sendiri". Semua yang kita lihat pada orang lain biasanya memang kelihatan lebih keren, bagus, dan keliatan lebih baik dari apa yang kita miliki sekarang. Itu normal ya, girls. Catatannya,  jangan selalu membandingkan diri kita dengan orang lain, karena setiap orang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kita harus percaya dengan kelebihan yang kita miliki dan belajar mencintai kekurangan kita karena apa yang kita lihat di sosial media belum tentu sesempurna perkiraan kita. Kita boleh membandingkan diri dengan orang lain, asal untuk mengembangkan diri kita, menjadi tolak ukur pencapaian. Bukan untuk mengerdilkan diri sendiri, ya.

3. Dukungan dari Orang Sekitar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x