Mohon tunggu...
Putri Lomo
Putri Lomo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Strategi Cerita Sederhana Fajar Bustomi

27 September 2021   02:56 Diperbarui: 27 September 2021   03:05 74 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Strategi Cerita Sederhana Fajar Bustomi
Sumber: idntimes.com

Dari waktu ke waktu industri film di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang kian pesat. Industri perfilman dalam negeri terus mengharapkan respon positif dari masyarakat Indonesia atas film-film yang telah lahir. Mengapa demikian ?

Tinggi rendahnya jumlah penonton akan membawa pengaruh dalam proses terciptanya film dalam negeri. Semakin tinggi jumlah penonton dalam sebuah film nasional, maka akan semakin banyak pihak yang ingin menjadi investor dalam industri film Indonesia.

Hal inilah yang menjadi tantangan sekaligus tugas bagi seorang sutradara. Peran sutradara sangat penting dalam menarik minat penonton terhadap sebuah film.

Sutradara dalam Teori Auteur

Teori auteur merupakan teori yang membahas mengenai sutradara sebagai seseorang yang memiliki kekuatan kreatif dalam menciptakan sebuah film. Istilah Auteur pertama kali dipopulerkan oleh Francois Truffaut pada tahun 1984.

Dalam bukunya yang berjudul Film Theory: An Introduction, Stam (2000:83) menerangkan bahwa seorang sutradara tidak hanya bertugas sebagai pembuat skenario melainkan ia menjadi seorang seniman kreatif yang akan memberi ciri khas sendiri dalam sebuah film.

Itulah mengapa film yang tercipta tidak jauh beda dari kepribadian penciptanya.

Dalam proses memproduksi film, sutradara memiliki hak dalam menentukan pengambilan unsur visual seperti lokasi, kesan cahaya, angle, komposisi dalam bingkai, pemeran hingga pengaturan set penggambaran guna menyampaikan makna tertentu.

Film merupakan sebuah karya seni. Sebagai seorang seniman, film menjadi tempat bagi seorang sutradara untuk mengekspresikan dirinya.  

Teori Auteur memiliki tiga konsep dasar dalam melihat seorang sutradara yaitu kompetensi teknis, kepribadian dari sutradara, dan makna yang disampaikan sutradara melalui filmnya.

Sosok Sutradara Fajar Bustomi

Sumber: tribunnewswiki.com
Sumber: tribunnewswiki.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan