Mohon tunggu...
Bisnis Pilihan

Rycicle Pot dari Jerami Padi yang Ramah Lingkungan

8 Desember 2018   16:08 Diperbarui: 8 Desember 2018   16:14 0 4 4 Mohon Tunggu...
Rycicle Pot dari Jerami Padi yang Ramah Lingkungan
Mahasiswa KKN tim Dusun Gadingan (dokumen pribadi)

Setelah masa panen berlangsung, sering kali kita bisa melihat jerami padi terhampar dipinggiran sawah dan jalan. Jerami tersebut kadang dibiarkan saja bahkan hanya dibakar tanpa dimanfaatkan untuk apapun.

Dalam pedesaan yang mayoritas mata pencarian warganya selain petani adalah peternak biasanya jerami dimanfaatkan untuk pakan ternak sapi, atau untuk alas kandang bebek. Namun melihat kondisi di Dusun Ngrapah yang tidak ada peternakan sapi, dan hanya sedikit peternak bebek, jerami hanya menjadi sampah yang tidak ada manfaatnya. Padahal ada banyak manfaat yang bisa didapat dari jerami padi jika diolah, jerami padi bisa dibuat sebagai bahan kerajinan yaitu pot.

Ditujukan untuk siapa?

KKN FPB UKSW Dusun Gadingam membuat beberapa program salah satunya adalah pembuatan pot dari jerami. Program tersebut ditujukan kepada ibu -- ibu PKK di Dusun Gadingan dengan mengadakan sosialisasi sekaligus praktik langsung pembuatan pot jerami di rumah Ibu Atik, istri dari kepala Dusun Gadingan. Pot jerami padi ini diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan nilai ekonomis limbah jerami dan sebagai alternatif pot yang ramah lingkungan sehingga mengurangi pencemaran lingkungan yang ditimbulkan dari penumpukan limbah plastik polybag maupun pot.

Sosialisasi tentang pembuatan pot jerami padi bersama ibu PKK Dusun Gadingan (dokumen pribadi)
Sosialisasi tentang pembuatan pot jerami padi bersama ibu PKK Dusun Gadingan (dokumen pribadi)
Tanggapan?

Tanggapan yang diberikan oleh ibu -- ibu di Dusun Gadingan sangat baik dan antusias bahkan ada beberapa yang tertarik untuk membuat pot dari jerami. Beberapa ibu -- ibu Dusun Gadingan ikut mempraktikkan pembuatan pot jerami selama sosialisasi berlangsung. 

Mereka mengatakan bahwa kegiatan pembuatn pot dari jerami ini adalah suatu hal yang baru dan sangat menarik. Bahkan Bu Yulikah mengatakan "saya akan membuat pot jerami ini banyak -- banyak, bahan dan cara membuatnya gampang. Terus pot nya bisa dijual".  

Selain dapat dijadikan hiasa sendiri dirumah, pot dari jerami juga bernilai ekonomi yang dapat dijual untuk menambah penghasilan ibu -- ibu PKK di Dusun Gadingan. 

Harapan kami sebagai mahasiswa KKN Tim Dusun Gadingan FPB UKSW adalah ibu -- ibu PKK serta warga lain di Dusun Gadingan dapat memanfaatkan jerami tidak hanya sebagai pakan dan  alas ternak, melainkan dimanfaatkan untuk menjadi suatu kerajinan yang bernilai guna dan ekonomi tinggi yaitu menjadi Pot Jerami yang Ramah Lingkungan.

photogrid-1543557335237-5c0b8806ab12ae1462634292.jpg
photogrid-1543557335237-5c0b8806ab12ae1462634292.jpg
Cara Pembuatan Pot Jerami?

Hanya butuh kesediaan kita untuk meluangkan sedikit kreatifitas dan ketrampilan yang tidak begitu rumit merangkai jerami menjadi pot, berikut ini adalah alat dan bahan dalam pembuatan pot jerami:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x