Mohon tunggu...
Putri Khofiya
Putri Khofiya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pendampingan Pemanfaatan Kemasan Plastik Bekas dan Penerapan Konsep 3R melalui Workshop Daur Ulang

7 Desember 2022   11:24 Diperbarui: 7 Desember 2022   11:40 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Demonstrasi Kerajinan Tangan dengan Daur Ulang Kemasan Plastik Bekas (Dok. pribadi)

Tembalang (07/12/2022) -- Sampah plastik menjadi hal yang cukup diperhatikan belakangan ini, seiring dengan meningkatnya jumlah sampah plastik yang menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai angka 64 juta ton per tahun sehingga menjadi masalah yang perlu dicari solusinya. Beberapa langkah untuk mengurangi pencemaran sampah platik baik dengan pengurangan jumlah plastik sekali pakai dengan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Reduce, yaitu upaya mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan timbulan sampah yang baru. Reuse, yaitu upaya menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama atau fungsi yang lain. Recycle, yaitu upaya mengolah kembali sampah yang menjadi produk baru dan bermanfaat atau disebut daur ulang.

Praktik Demonstrasi Daur Ulang oleh Anggota PKK RW 08 Kelurahan Tembalang (Dok. pribadi)
Praktik Demonstrasi Daur Ulang oleh Anggota PKK RW 08 Kelurahan Tembalang (Dok. pribadi)
Produk yang dihasilkan dari proses daur ulang dapat memiliki nilai ekonomis ketika ditambah dengan kreativitas dan keterampilan. Hal tersebut tentunya dapat meningkatkan nilai perekonomian masyarakat yang memanfaatkannya. Oleh karena itu, Mahasiswa Tim 6 KKN Tematik Lingkar Kampus Undip melakukan kolaborasi dengan anggota Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang berada di bawah Pokja 3 Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) RW 08 Tembalang untuk mengadakan kegiatan Handcraft Workshop dengan kegiatannya membuat kerajinan tangan dari kemasan plastik bekas pakai.

Pendampingan Pembuatan Kerajinan Daur Ulang (Dok. pribadi)
Pendampingan Pembuatan Kerajinan Daur Ulang (Dok. pribadi)

Kegiatan Handcraft Workshop diselenggarakan dengan menyebarkan promosi di media sosial seperti Twitter dan Instagram sehingga dapat menarik minat peserta yang terdiri dari masyarakat umum. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai RW 08 Kelurahan Tembalang pada Sabtu, 19 November 2022 dengan metode kelas interaktif dimana peserta dan pemberi materi dapat berdiskusi dan diberikan pendampingan mengenai langkah-langkah pembuatan kerajinan tangan dengan daur ulang. Hasil atau produk dari kerajinan tangan dengan daur ulang kemasan plastik bekas dapat berupa tikar, taplak meja, hiasan dinding, hiasan meja, tempat alat tulis, dan lain-lain.

Hasil Produk Daur Ulang Kemasan Plastik (Dok. pribadi)
Hasil Produk Daur Ulang Kemasan Plastik (Dok. pribadi)
Melalui kegiatan Handcraft Workshop yang memberikan pendampingan mengenai pembuatan karya dengan daur ulang tersebut diharapkan peserta dapat menerapkan keterampilan yang telah didapatkan selama pendampingan dan dapat memanfaatkan kemasan plastik bekas untuk diubah menjadi benda baru yang bernilai ekonomis.

Penulis Putri Khofiya Octavia -- Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat

Dosen Pembimbing Lapangan: Darwanto, S.E., M.Si., M.Sy

Lokasi: Bukit Senja, RW 08, Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun