Mohon tunggu...
Emy Putri Alfiyah
Emy Putri Alfiyah Mohon Tunggu... So many thing in the world

Pecandu kata

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Bersahabat dengan Teknologi

11 Agustus 2020   15:21 Diperbarui: 11 Agustus 2020   16:43 27 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bersahabat dengan Teknologi
technostate.net

Pada 10 Agustus 2020  diperingati sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang ke-25, tepatnya hari Senin kemarin. Berawal pada tanggal 10 Agustus 1995 sebagai hari dimana telah dilakukan penerbangan perdana pesawat buatan anak bangsa N-250 Gatot Kaca di Bandung.

Hal tersebut menjadi tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia. Kemudian tanggal 10 Agustus ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) berdasarkan Keppres Nomor 71 Tahun 1995.

Teknologi adalah lebih dari sekedar hidup, karena teknologi keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Sosiolog asal Amerika, Read Bain, menuliskan bahwa technology includes all tools, machines, utensils, weapons, instruments, housing, clothing, communicating and transporting devices and the skills by which we produce and use them . Bahwa teknologi meliputi semua alat, mesin, aparat, perkakas, senjata, perumahan, pakaian, peranti pengangkut/pemindah dan pengomunikasi, dan keterampilan yang memungkinkan kita menghasilkan semua itu.

Sebenarnya teknologi sudah ada sejak zaman dahulu, yaitu sejak Zaman Pra-Sejarah yang dimulai dengan menggunakan peralatan dari batu, hingga Zaman Kuno yang ditandai dengan adanya pembangunan Piramida dan Mercususar Alexandria di Mesir.

Kemudian di Abad Pertengahan sebagai perkembangan teknologi peradaban Islam, muncul tokoh-tokoh muslim seperti Ibnu Sina  yang di kenal dengan Bapak Kedokteran. Lalu pada masa Renaissans ditemukan mesin cetak oleh Johannes Gutenberg. Hingga pada Revolusi Industri abad ke-18 ditandai ditemukannya mesin uap oleh James Watt di Inggris.

Kemudian teknologi terus berkembang pada akhir Abad ke-20 hingga manusia bisa pergi keluar angkasa  dan mendarat di bulan. Setelah ditemukannya cara untuk dapat menjelajah luar angkasa manusia mengembangkan teknologi satelit.

Satelit ini adalah tonggak utama untuk teknologi informasi yang kita dapatkan saat ini yaitu melalui internet yang kini dikenal dengan teknologi digital.

Perkembangan teknologi berkembang dengan cepat, dan terus berevolusi di era digital ini. Hingga menciptakan objek dan teknik yang dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu lebih cepat dan tepat. Teknologi selangkah demi selangkah maju mulai dari hal sederhana, dengan mengembangkan cara lama ataupun penemuan metode baru dalam mempermudah kegiatan manusia.

Ada tiga komponen dalam kemajuan teknologi yaitu output lebih tinggi dari input (better), hemat biaya atau modal (cheaper) dan hemat tenaga kerja (faster). Jika teknologi dijalankan dengan tepat dan daya guna tentu akan dicapai hasil yang optimal.

Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan. Karena teknologi adalah salah satu penunjang kemajuan dan kesejahteraan manusia. Terbukti bahwa teknologi telah membantu memperbaiki segala bidang kehidupan manusia baik secara ekonomi, pangan, pendidikan, bersosialisasi maupun bisnis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x