Mohon tunggu...
Putri Kaisa
Putri Kaisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Biologi Universitas Diponegoro

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN Undip Tim II: Pengolahan TOGA Menjadi Serbuk Minuman Kesehatan

9 Agustus 2022   14:35 Diperbarui: 9 Agustus 2022   14:41 78 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(16/7) Sosialisasi dan Latihan Mengolah TOGA Bersama PIK R Desa Sogo, Kab. Blora (Dok. pribadi)

KKN Undip Tim II: Latihan Membuat Serbuk Minuman Kesehatan Berbahan Dasar TOGA Bersama PIK R Desa Sogo

            Blora (16/7) - TOGA (Tanaman Obat Keluarga) merupakan beberapa jenis tanaman obat yang ditanam di pekarangan sekitar rumah sebagai persediaan obat herbal yang mudah diakses. Umumnya jenis tanaman obat yang ditanam merupakan golongan obat-obatan ringan sebagai pertolongan pertama. Penanaman TOGA ini selain bertujuan untuk menyediakan obat bagi keluarga juga digunakan untuk sumber rempah-rempah masakan rumah. Tanaman yang dipilih terdiri dari tanaman-tanaman yang mudah dirawat dan dapat tumbuh pada berbagai kondisi tanah.

            Salah satu kelompok tanaman obat yang paling mudah ditanam pada berbagai kondisi tanah dan lingkungan adalah kelompok rimpang atau empon-empon (termasuk jahe, kunyit, kencur, temulawak, lengkuas). Rimpang tanaman ini mengandung berbagai antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Masyarakat Desa Sogo, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora telah menanam berbagai jenis TOGA rimpang namun masih kurang mengerti bagaimana mengolah hasil rimpang tersebut menjadi produk yang praktis. Berdasar latar belakang tersebut, Putri Kaisa (22), Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro membuat gagasan inovasi pengolahan empon-empon menjadi serbuk minuman kesehatan yang memiliki masa simpan cukup panjang, praktis dikonsumsi, dan memiliki nilai ekonomis sehingga dapat dikembangkan sebagai prooduk UMKM.

(16/7) Serbuk Minuman Kesehatan Berbahan Dasar Empon-empon (Dok. pribadi)
(16/7) Serbuk Minuman Kesehatan Berbahan Dasar Empon-empon (Dok. pribadi)

            Kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan olahan minuman kesehatan dari empon-empon dilaksanakan di Taman Sogo, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora pada Sabtu, 16/7/22 dan dihadiri oleh 15 angota PIK R, kader desa, dan bidan desa. Kegiatan dimulai dengan pengenalan tanaman toga meliputi jens, kandungan kimia, manfaat dan kegunaan, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tahap-tahap pengolahan minuman kesehatan. Kegiatan berlangsung dengan tertib dan lancar didukung oleh partisipasi aktif dari para anggota PIK R.  Keluaran yang dihasilkan dari kegiatan ini berupa pamflet tata cara pengolahan dan produk akhir serbuk minuman kesehatan.

(16/7) Mahasiswa KKN Undip Menyerahkan Pamflet dan Produk Olahan Rimpmang TOGA (Dok. pribadi)
(16/7) Mahasiswa KKN Undip Menyerahkan Pamflet dan Produk Olahan Rimpmang TOGA (Dok. pribadi)

Referensi:

Sari, S. M., & Rasyid, T. A. (2019). Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Pada Masyarakat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan