Mohon tunggu...
Putri intanlarasati
Putri intanlarasati Mohon Tunggu... Menjadi lebih baik

Pendidikan merubah kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

KKN UNNES dan Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Semarang Adakan Sosialisasi di Desa Pagersari

8 November 2019   23:32 Diperbarui: 9 November 2019   21:27 0 0 0 Mohon Tunggu...
KKN UNNES dan Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Semarang Adakan Sosialisasi di Desa Pagersari
dokpri

Semarang, 23 Oktober 2019 Tim KKN Unnes Desa Pagersari yang bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Semarang mengadakan kegiatan sosialisasi UKM dan pemberdayaan petani jamur yang ada di Dusun Siloah, Desa Pagersari.  Kegiatan yang di adakan di Balai Dusun Siloah ini mengangkat tema " "  Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan apa itu UKM serta bagaimana cara mendirikan UKM  agar para petani jamur Desa Pagersari mampu mengolah jamur yang di hasilkan serta memiliki produk yang dapat bersaing di pasar bebas. 

Salah satu pemateri, Mohammad Abdur Rozak S.E. mengatakan bahwa pentingnya inovasi serta kreatifitas para wirausahanwan dalam mengolah produk, agar dapat bersaing dengan produk asing yang kini sudah banyak dijumpai di pasar. 

Rozak menambahkan, tidak hanya dalam pengolahan produk, pemasaran produk juga penting diperhatikan. Para pelaku usaha harus mampu memasarkan produknya dengan mengikuti perkembangan jaman. Di era 4.0 untuk dapat memperluas mangsa pasar dapat memanfaatkan media internet sebagai sarana pemasaran.

 "Bagi yang ingin belajar lebih bagaimana cara memanfaatkan dunia digital sebagai media pemasaran produk, dapat mengikuti pelatihan yang di adakan di Dinas Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Semarang setiap hari rabu," ujarnya di sela-sela pemaparan materi.  

Mengapa kegiatan sosialisasi UKM ini dilaksanakan di karenakan di Desa Pagersari sendiri belum ada UKM yang berdiri, sehingga Tim KKN Unnes Desa Pagersari berusaha mengenalkan UKM kepada para petani jamur yang mana sampai saat ini memasarkan jamurnya bukan dalam bentuk olahan melainkan jamur mentah. Harapan dari kegiatan ini agar para petani dapat merubah mindset berwirausaanya yakni berani mengolah hasil panennya menjadi sebuah produk UKM. Hal ini agar dapat menaikan nilai jual jamur serta dapat mengangkat perekonomian para petani jamur  yang ada di Desa Pagersari.