Mohon tunggu...
Putri Dwi Oktavia
Putri Dwi Oktavia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hi!

Selamat membaca!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik 2021: Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring

24 Juli 2021   18:57 Diperbarui: 24 Juli 2021   19:13 29 1 0 Mohon Tunggu...

Rasanya sudah lebih dari satu tahun kita semua melakukan segala aktivitas dirumah, mulai dari bekerja hingga belajar.  Semua aktivitas yang biasanya kita lakukan diruang publik, kini rasanya sudah tidak bisa terasakan lagi akibat Pandemi COVID-19 yang hingga saat ini belum juga berakhir. 

Perubahan begitu sangat amat terasa bagi seluruh pihak, salah satunya adalah anak-anak yang saat ini masih duduk dibangku sekolah. Mereka tidak bisa merasakan pembelajaran yang dilangsungkan secara langsung dan tatap muka hingga berinteraksi dengan guru dan juga teman-temannya terutama anak-anak yang baru saja masuk ke bangku sekolah. 

Pola belajar pun berubah, dari waktu hingga materi yang disampaikan akan amat rasanya berbeda dengan pembelajaran yang dilakukan secara langsung. Hal ini juga tidak menutup kemungkinan memunculkan berbagai kendala yang akan dihadapi oleh para siswa. 

Jika di sekolah, saat pembelajaran berlangsung, disana akan ada seorang guru yang akan membimbing  para siswanya. lalu bagimana jika pembelajaran dilangsungkan dirumah? Tentu saja disana akan ada Orang Tua yang akan membantu anak-anak mereka dalam melaksanakan pembelajaran daring.

Peran Orang Tua dalam terlaksananya pembelajaran daring sangat amatlah penting, dari yang biasanya menyambut anak-anak mereka pulang sekolah kini mereka bisa secara langsung melihat dan membimbing mereka dirumah. 

Tetapi perlu di ingat bahwa baik pembelajaran luring atau daring, Orang Tua tetaplah seorang guru di rumah bagi para anak-anaknya. 

Lalu seperti apa peran orang tua dalam pembelajaran daring itu? Banyak, bermacam-macam. 

1. Mereka bisa membantu para anak-anaknya jika mengalami kesulitan dalam pembelajaran, seperti memberikan penjelasan terhadap sesuatu yang dirasa anak-anaknya membutuhkan sebuah penjelasan lebih.

2. Memberikan semangat kepada anak-anak mereka, karena tidak bisa dipungkiri bahwa pembelajaran daring akan membuat mereka bosan.

3. Mengawasi mereka dan memastikan mereka benar-benar ikut dalam pembelajaran, kenapa? Saat pembelajaran yang dilakukan melalui berbagai aplikasi layanan video call seperti Zoom atau Google Meet pasti akan ada setidaknya beberapa siswa yang mematikan kamera mereka, nah disinilah peran orang tua agar memastikan anak mereka mengikuti pembelajaran. 

4. Orang Tua harus tahu teknologi juga, semakin berkembangnya teknologi dan betapa mudahnya anak-anak zaman sekarang mengerti akan semua itu, sebagai orang tua tentu saja harus mau belajar tentang kemajuan teknologi apa yang dihadapi sekarang, hal itu semata-mata akan membantu mereka untuk mengawasi anak-anaknya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN