Mohon tunggu...
Putri Dini
Putri Dini Mohon Tunggu... PUTRI DINI RAMADLANI

IG : @PUTRI_DINI99 FB : PUTRI DINI

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Beda Tempat Jerawat, Beda Pengobatan

13 Juni 2021   04:30 Diperbarui: 13 Juni 2021   04:27 57 2 0 Mohon Tunggu...

Jerawat merupakan kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel-sel kulit mati. Jerawat paling umum terjadi pada remaja dan anak muda dewasa. Penyebab jerawat itu sendiri dikelompokkan menjadi 3 yaitu :

1. Jerawat Hormonal

Jerawat jenis ini akibat dari life style atau kebiasan sehari-hari dan bisa jadi karena breakout setelah memakai skincare. Ciri-ciri dari jerawat hormonal adalah dari segi waktu, apabila jerawat itu muncul disaat mendekati waktu menstruasi atau disaat sedang kehamilan, konsumsi pil KB, masa pubertas dan dalam kondisi stress berat itu mungkin yang terjadi adalah jerawat hormonal. Tipe jerawat hormonal biasanya lebih besar, meradang dan nyeri. Tempat atau letak jerawat hormonal biasanya ada di area T zone yaitu dahi, hidung dan dagu. Pengobatan jerawat hormonal cukup dengan menggunakan obat dengan kandungan salicid acid atau semacamnya, tidak perlu dibawa ke dokter karena jika masa hormone sudah seimbang maka jerawat akan hilang.

2. Jerawat Life Style

Sedangkan untuk life style sesuai dengan kegiatan sehari-hari yang dilakukan seperti lupa mencuci muka atau tidak maksimal dalam membersihkan make up. Tempat jerawat dari segi life style sebagian besar banyak di pipi karena area pipi merupakan yang paling sering tersentuh tangan kemudian tidak rajin dalam mengganti sarung bantal yang mana jika tidur posisi miring otomatis area pipi akan terkena langsung dengan sarung bantal yang mungkin mengandung banyak kuman, disarankan mengganti sarung bantal minimal 3 hari sekali.

3. Breakout Setelah Memakai Skincare

Penyebab Breakout itu sendiri adalah dari salah memilih skincare yang sesuai dengan kondisi kulit kita sehingga menimbulkan alergi yang menjadikan jerawat kecil-kecil seperti beruntusan. Untuk breakout karena skincare letak jerawat tidak spesifik bisa muncul dimana saja.

Sedangkan jenis jerawat dibagi menjadi 4 jenis, yaitu :

1. Papule (white  head)

Jenis jerawat ini biasanya ukurannya tidak terlalu besar dan sudah memiliki ,ata berawarna putih kekuning-kuningan, jika kamu mengalami jerawat jenis ini sebenarnya penyembuhannya tidak terlalu lama asalkan tidak sering menyentuh dengan tangan kotor, jadi bisa menggunakan obat-obatan yang banyak dijual dipasaran yang memiliki kandungan salicid acid atau semacamnya. Penyebab jerwata ini adalah pemakaian skincare atau make up yang tidak cocok dan bisa juga karena life style .

2. Pustule

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x