Filsafat Pendidikan. Â
    merupakan suatu yang mengaplikasikan dalam pendidikanya. Pendidikan butuh kefilsafatan karena masalah dalam pendidikan tidak menyangkut melaksanakan yang dibatasi oleh pengalaman, tetapi masalahnya sangat luas, lebih mendalam, serta sangat kompleks, dan tak ada batasan pengalam maupun pada aslinya ( faktanya ) untuk pendidikan, dan tidak dapat memungkinkan yang dijangkau oleh ilmu pendidikan.
Aliran-aliran Filsafat pendidikan antara lain :
1. Aliran Progresivisme
    Menurut pandangan aliran progresivisme manusia harus bisa maju, bisa mengambil tindakan konstruktif, inovatif, kreatif,aktif dan dinamis. Manusia mempunyai sebab yaitu naluri biar bisa ingin menjadi perubahan. Aliran progresivisme ini di cetuskan oleh John Dewey.
2. Aliran Kontruksivisme
   Tokoh dalam aliran kontruktivisme yaitu Jean Piaget.pada teori progresivisme ini dapat dikenal dengan teori yang dapat mengembangkan mental.
3.Aliran Humanistik
    Pada aliran humanistik bahwasanya teori ini dikatakan sebagai prilaku manusia yang merupakan keberhasilan ketenagaan untuk beroperasi dalam pikiran yang tanpa disadari oleh individualnya.
Pemikiran Kunci Tokoh Filsafat Pendidikan
A. Â Aristoteles
    Merupakan bapak ilmu dari filsafat  pendidikan , beliau mempunyai pandangan bahwa ilmu pendidikan itu pertama dapat dibangun dengan riset pendidikan terlebih dahulu. Arti riset yaitu suatu yang dapat bergerak maju secara terus menrus dan mempunyai kegiatan mengobservasi untuk menuju prinsip umum yang mempunyai sifat menerangkan dan dapat kembali pada observasinya.