Mohon tunggu...
Putri Aryawati Widya Budi
Putri Aryawati Widya Budi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Saya suka belajar hal-hal baru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswi KKN Undip Ajak Masyarakat Berpartisipasi dalam E-Government

4 Agustus 2021   19:17 Diperbarui: 4 Agustus 2021   19:26 749
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Klaten (04/08/2021) -- Mahasiswi KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2021 melaksanakan kegiatan pengenalan dan sosialisasi Aplikasi Online Pelayanan Administrasi Kependudukan "Sipon Keduten" kepada masyarakat di Desa Kwaren, Klaten. Kegiatan tersebut berupa pembuatan X Banner, Poster dan video sosialisasi yang dilaksanakan pada Rabu (14/7).

Pada era revolusi industri 4.0 saat ini, teknologi ditempatkan di bagian yang sangat penting. Tidak heran apabila kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dapat menjajikan efektifitas, efisiensi, dan transparansi, terutama pada pemerintahan. Terlebih, dalam era otonomi daerah saat ini perlu untuk mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance) dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi atau biasa disebut e-government. E-Government mengubah cara pemerintah dalam melayani masyarakat yang lebih baik, peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis dan masyarakat umum dengan adanya keterbukaan atau transparansi, pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh serta pelaksanaan pemerintah yang lebih efisien.

Adapun manfaat e-government, yaitu pertama mengurangi biaya, alasannya karena melalui sistem online, maka biaya administrasi dan sebagainya akan berkurang. Kedua, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas karena masyarakat dapat dengan mudah mengakses dan melihat sejauh mana kegiatan pemerintah sudah dilakukan. Ketiga, meningkatkan pelayanan publik karena masyarakat akan lebih mudah mengakses (keterbukaan informasi dan partisipasi) pelayanan publik tanpa harus secara fisik datang ke kantor instansi pemerintah tertentu.

Sejak berlangsungnya Pandemi Covid-19, dapat dipahami bahwa e-government sangat penting diterapkan pada kondisi seperti saat ini. Pandemi Covid-19 membuat pelayanan menjadi terganggu. Disatu sisi masyarakat memiliki hak untuk terus mendapatkan layanan. Dalam kondisi ancaman Covid-19, layanan birokrasi digital merupakan sebuah solusi dan keniscayaan dalam mengoptimalkan pelayanan publik. Oleh karena itu, di tengah kondisi COVID-19 ini bukan lagi sebagai penghambat bagi penyelenggara dan/atau pelaksana pelayanan publik dalam memberikan layanan kepada masyarakat, melainkan semakin dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelayanan publik.

Program ini dilakukan secara bertahap, sebelumnya mahasiswi melakukan observasi terkait permasalahan administrasi desa. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di Balai Desa Kwaren bersama Sekretaris Desa, ditemukan masalah terkait kepengurusan administrasi kependudukan. Pelayanan administrasi kependudukan di Desa Kwaren sudah dilakukan secara online melalui website Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang diperuntukkan bagi perangkat desa dan Aplikasi "Sipon Keduten" yang diperuntukkan bagi masyarakat. SIPON KEDUTEN ( Sistem Pelayanan Online Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten) adalah aplikasi resmi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klaten yang berfungsi sebagai media pengajuan layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) secara online.  Namun faktanya menunjukkan masih terdapat masyarakat di Desa Kwaren yang tidak tahu dan tidak mengerti bagaiman prosedur penggunaannya. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dibuatlah program Pengenalan Aplikasi "Sipon Keduten" dalam bentuk X-Banner, Poster, dan Video.

Penyerahan X-Banner kepada Sekretaris Desa (dokpri)
Penyerahan X-Banner kepada Sekretaris Desa (dokpri)
X-Banner Aplikasi "Sipon Keduten" diserahkan kepada pemerintah Desa. Adapun isi X-Banner yaitu ajakan penggunaan aplikasi, pengenalan berbagai fitur yang tersedia, tata cara pengajuan pelayanan administrasi kependudukan, serta barcode yang menuju Google Play untuk mengunduh aplikasi. Pemasangan X-Banner di Balai Desa Kwaren mendapat apresiasi dari Sekretaris Desa. 

Sementara penyebaran poster ditempelkan di beberapa tempat strategis seperti Masjid, TPA, dan Pos Kamling, Mading Balai Desa, Gapura dan tempat lainnya. Harapannya dengan ditempelkannya poster ini, masyarakat dapat membaca dan menerima informasi yang diberikan terutama masyarakat yang tidak mempunyai smartphone. Kemudian video pengenalan Aplikasi "Sipon Keduten" di bagikan melalui WhatsApp Group RW 04 Desa Kwaren sehingga lebih mudah dipahami dan dapat menyebarluaskan informasi tersebut. Pembagian video tersebut mendapat respon dari masyarakat dengan berbagai macam pertanyaan yang diajukan melalui WhatsApp Group mengenai aplikasi "Sipon Keduten".

Penempelan Poster di Desa Kwaren (dokpri)
Penempelan Poster di Desa Kwaren (dokpri)
"Harapannya dari adanya program ini yaitu  menambah wawasan masyarakat Desa Kwaren mengenai pengajuan Administrasi Kependudukan secara online yang dapat dilakukan secara mandiri dari rumah sebagai salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam e-government Kabupaten Klaten serta dapat  membantu memaksimalkan pelayanan online selama pandemi agar mencegah dan memutus mata rantai Covid-19." Kata Putri. 

Penulis  : Putri Aryawati Widya Budi (Administrasi Publik -2018)
DPL         : Dr. Akhmad Ismail, M.Si. Med

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun