Mohon tunggu...
putriani purba
putriani purba Mohon Tunggu...

menjadi orang sukses harus mempunyai tekad yang besar.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Mengembangkan Mindset dan Pola Pikir Kita

4 Oktober 2013   12:37 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:00 5609 1 0 Mohon Tunggu...

TEMA : MINDSET DAN POLA PIKIR

Kita akan membahas tentang Mindset dan pola pikir,tetapi sebelum nya kita harus tau,Apa itu Mindset dan pola pikir?????Mindset (Pola pikir) adalah cara menilai dan memberikan kesimpulan terhadap sesuatu berdasarkan sudut pandang tertentu. Perbedaan pola pikir seseorang disebabkan oleh bedanya jumlah sudut pandang yang dijadikan dasar, landasan atau alasan.Bayaknya sudut pandang seseorang untuk berpikir dipengaruhi oleh emosi (mentality), pendidikan dan pengalaman. Hal ini yang menjadi tolak ukur tinggi rendahnya kedewasaan seseorang.Banyak definisi tentang pola pikir (mindset) yang mungkin kita ketahui, walaupun pada intinya merujuk pada suatu kesimpulan yang sama. Pola adalah bentuk atau model. Dengan demikian pola pikir itu sebenarnya adalah bentuk pikir atau cara kita berpikir yang disebut “ Mindset “. Kata Mindset terdiri atas dua kata yakni “mind” dan “set”. ”Mind” merupakan sumber pikiran dan memori atau pusat kesadaran yg menghasilkan pikiran, perasaan, ide, dan menyimpan pengetahuan dan memori tentang segala macan hal-hal yang pernah dilakukan sendiri maupun kejadian apa saja yang dibaca, dilihat, dan dilakoni diri sendiri maupun orang lain. Sedangkan set adalah kepercayaan-kepercayaan yang mempengaruhi sikap seseorang; atausuatu cara berpikir yang menentukan perilaku dan pandangan, sikap dan masa depan seseorang.



Dengan demikian mindset atau pola pikir itu : adalah kepercayaan atau sekumpulan kepercayaan atau cara berpikir yg mempengaruhi prilaku dan sikap seseorang yg akhirnya menentukan level keberhasilan hidupnya.

Setiap orang atau manusia secara individu pada dasarnya memiliki ide, pendapat, rencana, cita-cita. Unsur-unsur tersebut diolah oleh otak / akal / pikiran dan selalu dipengaruhi atau ditentukan oleh sikap perilakunya. Jadi Pola Pikir adalah cara berpikir seseorang dalam mewujudkan ide/pendapat/rencana/cita-citanya yang dalam pelaksanaannya dipengaruhi pula oleh perasaan / pandangannya ataupun sikap prilakunya ( attitude ) tentang sesuatu secara umum. Dengan kata lain pada suatu saat sikap seseorang itu dipengaruhi oleh perasaan atau emosinya.

Mindset(pola pikir) seseorang sangatlah berbeda-beda,Namun mindset tersebut bisa diubah dari waktuke waktu,Mengubah Midset yang ada pada diri kita tidaklah mudah,kita dapat mengubah midset kita dengan cara mempengaruhi komponen pembentuk mindset yaitu pengetahuan dan pengalaman.

Manusia dapat melihat Midset mereka masing-masing,jika mindset digunakan dengan baik dan dikembangkan,maka itu membuat manusia tersebut memiliki pengetahuan,Namun jika seseorang memiliki mindset tapi tidak bisa mengubah/mengembangkan mindset yang ada pada dirinya, seseorang itu tidak bisa melihat perkembangan yang ada pada dirinya.



VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x