Putri Amelia
Putri Amelia

Food Science and Technology. Bakrie of University | Gadih Minang

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Khasiat Cincau yang Sangat Luar Biasa

4 Juni 2014   23:23 Diperbarui: 20 Juni 2015   05:19 350 2 0

Kata cincau berasal dari dialek Hokkian sienchau (xiancao) yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Arti dari cincau menurut bahasa asalnya adalah nama tumbuhan (Mesona sp) yang notabene menjadi bahan utama pembuatan jeli untuk minuman/sirup. Nama Lokal dari tanaman ini adalah Cincau (Indonesia), Camcao, Juju, Tarawulu, Kepleng (Jawa); Camcauh, dan Tahulu (Sunda). Menurut suatu penelitian cincau sangat baik dikonsumsi oleh semua kalangan. Bahan ini  sangat kaya mineral terutama kalsium dan fosfor. Cincau juga baik dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani diet karena cincau rendah kalori, namun tinggi serat.

Daun cincau hijau mengandung senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida. Zat ini bermanfaat untuk mengendurkan otot. Senyawa lain seperti isokandrodendrin dipercaya mampu mencegah sel tumor ganas. Cincau juga mengandung alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S,S-tetandrin yang berkhasiat mencegah kanker pada ginjal, antiradang, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Potensi cincau juga diuji dengan cara dipaparkan pada empat jenis sel kanker, yaitu sel kanker darah (leukemia), kanker mulut rahim, paru, dan payudara. Ekstrak daun cincau ternyata mampu secara mengagumkan membunuh sel kanker darah (leukemia) sebesar 55-90 persen. Hal ini menunjukkan cincau hijau mengandung komponen bioaktif pembunuh sel kanker. Selain itu, ternyata cincau hijau juga mampu menyingkirkan senyawa-senyawa berbahaya pemicu kanker.

Dan adapun daun penghasil cincau, yaitu :

1.Cincau Hitam yang menghasilkan cincau hitam

2.Cincau hijau, menghasilkan cincau berwarna hijau dan agak lebih padat konsistensinya.

3.Cincau perdu

Dan inilah beberapa khasiat luar biasa dari cincau :

1. Penurun panas (demam),

2. Mengatasi panas dalam,

3. Mengatasi sakit perut (mual), diare, sembelit, perut kembung,

4. Mencegah gangguan pencernaan,

5. Membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab kanker (anti kanker),

6. Senyawa dimetil kurin-1-dimetodida mengendurkan otot,

7. Senyawa isokandrodendrin mencegah sel tumor,

8. Alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S,S-tetandrin berkhasiat mencegah kanker pada ginjal, anti

9. Mengobati radang, dan menurunkan tekanan darah tinggi,

10. Mengandung klorofil sebagai zat anti oksidan, anti peradangan, dan anti kanker,

11. Mencegah penyakit seperti diabetes mellitus, jantung dan stroke.

12. Cincau hitam cukup tinggi kandungan serat pangannya. Dalam usus halus serat pangan akan menyerap dan mengikat asam-asam empedu dan selanjutnya akan dikeluarkan dari tubuh bersama-sama dengan tinja. Berkurangnya asam empedu tersebut akan menyebabkan hati mensintesis asam empedu lagi, sehingga kolesterol yang merupakan bahan dasar sintesis asam empedu tersebut, jumlahnya akan berkurang, baik kolesterol dalam plasma darah maupun dalam jaringan. (Prof. DR. Made Astawan, Ahli Teknologi Pangan dan Gizi).

Source :

http://id.wikipedia.org/wiki/Cincau

Pitojo, Sutijo. (2008). “Khasiat Cincau Perdu”. Hal 18-47