Mohon tunggu...
Putria Fatmawati
Putria Fatmawati Mohon Tunggu... Lainnya - Bismillah

Mahasiswa Universitas Diponegoro Jurusan Fisika

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

"Sampah Jadi Minuman", Mahasiswa Undip Bagikan Sampah Pencegah Covid-19 kepada Warga

5 Agustus 2021   02:28 Diperbarui: 5 Agustus 2021   02:30 22 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Sampah Jadi Minuman", Mahasiswa Undip Bagikan Sampah Pencegah Covid-19 kepada Warga
Foto bersama Bapak Ketua RW 6/dokpri

Bendan Duwur, Gajahmungkur, Semarang (1/8). Selain menegakkan protokol kesehatan, pola makan sehat dan konsumsi makanan serta minuman yang dapat meningkatkan sistem imun juga sangat penting. 

Guru besar bidang Ilmu Gizi dan Kesehatan Universitas Negeri Semarang (UNNES), Prof. Dr. Ari Yuniastuti MKes mengatakan sistem kekebalan tubuh yang berfungsi dengan baik sangat penting dalam memerangi Covid-19.

Wedang uwuh adalah minuman dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman yang diseduh, sedangkan uwuh berarti sampah. Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. 

Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang. Wedang uwuh ini adalah minuman khas dari Yogyakarta. Pada awalnya wedang uwuh masih dalam bentuk bahan utuh berupa rempah-rempah asli dibuat di Jogja salah satu yang paling terkenal Seger Waras, tetapi seiring perkembangan zaman dan kebutuhan akan kepraktisan, saat ini wedang uwuh sudah dikembangkan menjadi dalam bentuk instan, maupun bentuk celup (sumber : wikipedia).

Wedang uwuh mengandung tinggi antioksidan dan dapat digunakan sebagai imunomodulator untuk meningkatkan pembentukan antibodi dan sitokin serta memperbaiki fungsi fagosistosis. Dan di situasi pandemi Covid-19 ini wedang uwuh dapat dimanfaatkan sebagai sumber senyawa bioaktif. Tak hanya dapat dijadikan imunomodulator, bahan-bahan yang ada di dalam wedang uwuh juga bermanfaat sebagai antikanker, antiinflamasi, hingga antibakteri.

Berangkat dari banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari wedang uwuh, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 2 Universitas Diponegoro yang berlangsung pada 30 Juni--12 Agustus 2021 dengan mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's)" merancang sebuah program kerja yang menarik. 

Mahasiswa KKN yang diterjunkan di Kelurahan Bendan Duwur, Kecamatan Gajahmugkur, Kota Semarang membagikan sejumlah racikan wedang uwuh kepada beberapa warga di kelurahan Bendan Duwur khususnya RW 06.

Pembagian racikan wedang uwuh kepada beberapa warga Kelurahan Bendan Duwur RW 06/dokpri
Pembagian racikan wedang uwuh kepada beberapa warga Kelurahan Bendan Duwur RW 06/dokpri

Sebelumnya memang tidak ada penyuluhan tentang wedang uwuh, manfaat, dan cara penyajiannya, tetapi hal tersebut tidak mengurangi esensi dari program kerja yang dilakukan. Sebagai alternatif agar warga percaya dengan khasiat dari wedang uwuh tersebut yaitu dengan memberi label pada bungkus racikan wedang uwuh yang dibagikan.

Sambutan hangat dan ucapan terima kasih disampaikan oleh warga yang berkesempatan  bakal mencicipi racikan wedang uwuh tersebut. Tak hanya itu, beberapa warga bersedia diajak foto bersama sebagai dokumentasi pelaksanaan kegiatan KKN.

Dengan adanya program kerja ini, diharapkan masyarakat mampu melaksanakan upaya preventif atau pencegahan secara mandiri agar tidak terpapar virus corona. Selain harus selalu menjaga pola hidup sehat dan selalu mejaga kebersihan diri yang tidak kalah penting yaitu selalu menjaga system imunitas tubuh agar terhindar dari infeksi virus yang dapat mengakibatkan tubuh mudah sakit.

Penulis : Putria Fatmawati

Dosen Pembimbing : Dr. Amirudin, M.A.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x