Mohon tunggu...
Putri Aditya
Putri Aditya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bersyukur, berbagi dan berbahagia

Mahasiswa Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan https://myblognew2233.blogspot.com/?m=1 Bismillah Pendidikan, sosial, Anak-anak.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Membuat Anak Bahagia ala Finlandia

9 Agustus 2021   15:32 Diperbarui: 9 Agustus 2021   16:34 96 4 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Membuat Anak Bahagia ala Finlandia
Sumber gambar: nova.grid.id

Minggu 25 juli kemarin saya berkesempatan mengikuti webinar parenting. Dengan narasumber mas Devi Rizal seorang chairman sinergy finllandia Indonesia dan mantan president indonesian student association in finlandia. 

Nah disini saya akan menuliskan resume dari kulwap yang akan saya ikuti.
Akhir-akhir ini saya mulai menyukai dunia parenting, mungkin lebih tepatnya karena setiap hari berinteraksi dengan anak-anak hihi. Dan bagi saya hal itu sangat penting untuk kita ketahui, tidak hanya untuk orang tua namun juga calon orang tua untuk mempersiapkan dirinya menjadi orang tua yang terbaik untuk anak-anaknya. 

Memahami anak memang bukan hal yang mudah dan perlu ilmu untuk penerapannya. Harus sangat diingat apa-apa yang kita lakukan kepada anak, akan mereka ingat dan ternanam sampai mereka dewasa bahkan tua. 

Bagian penting ketika bersama anak ataupun membersamai mereka belajar adalah bukan sekedar mereka bisa tapi bagaimana anak bisa menemukan diri mereka dan menjadi bahagia dengan itu. Sehingga anak akan selalu mengingat kita menjadi orang yang berhasil membuat mereka bahagia dan mereka akan menjalani hidup dengan ikhlas dan penuh semangat.

Mengapa? Karena mereka bahagia. Nah berikut tips membuat anak bahagia ala Finlandia, negara yang dinobatkan jadi negara paling bahagia 4 tahun berturut-turut juga negara dengan sistem pendidikan terbaik didunia.


1. Game bonding dengan keluarga


Membuat game untuk anak adalah cara awal membuat anak happy, selain itu hal ini juga bisa meningkatkan bonding atau ikatan emosional anak dan orang tua sehingga mereka bisa menjadi lebih dekat. Orang tua bisa menyiapkan banyak media dirumah sebagai sarana bermain bersama anak seperti fash card, ular tangga, ataupun berbagai permainan anak lainnya yang kini banyak sekali macamnya atau membuat sendiri dari bahan-bahan sederhana dirumah.

 Untuk anak yang masih dibawah satu tahun bisa diajak untuk menemani ibunya ketika memasak atau kegiatan lain dengan cara di letakkan dikursi yang lebih tinggi dan anak diatas 2 tahun bisa dibiasakan diajak melakukan kegiatan bersama baik memasak, mencuci dan lain lainnya.


2. Berikan keleluasaan untuk memilih


Anak diberikan kebebasan untuk memilih apa yang mereka suka selagi hal itu baik entah berkaitan dengan hobi, makanan atau yang lainnya. Ini juga akan membuat mereka merasa dihargai. Dengan ini anak akan lebih bahagia dan rumah menjadi titik awal mereka bahagia dan nyaman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan