Mohon tunggu...
putri adelia
putri adelia Mohon Tunggu... Administrasi - mahasiswa

saya adalah mahasiswa semester awal di salah satu universitas swasta ternama di jawa timur yakni universitas nusantara pgri kediri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Guru BK Menumbuhkan Pendidikan Karakter Siswa Introvert di Era Digital

26 Desember 2022   18:30 Diperbarui: 26 Desember 2022   18:39 1202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENDAHULUAN

Dalam dunia pendidikan, sekolah merupakan wadah atau rumah kedua bagi peserta didik dalam menempuh pendidikan secara formal setelah sebelumnya orang tua sebagai pendidik pertama. Dalam hal ini sekolah memiliki masyarakat sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, staf tata usaha, guru mata pelajaran, guru pembimbing dan tentunya peserta didik. Pendidik atau guru merupakan suatu profesi yang mulia sebab, guru memiliki peran penting, besar dan strategis dalam dunia pendidikan. menurut Imam Wahyudi guru adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik dan guru dalam pandangan masyarakat adalah orang yang melaksanakan pendidikan di tempat-tempat tertentu, tidak harus dilembaga formal (sekolah) tetapi juga ditempat lain.  Bimbingan dan konseling mempunyai peran yang sangat penting dalam pendidikan yaitu membantu setiap pribadi siswa agar berkembang secara optimal. Bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan yang berlangsung antara konselor dan klien yang bertujuan untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh klien. Konselor merupakan orang yang memberikan bimbingan sedangkan klien adalah orang yang diberi bimbingan. Pembahasan tersebut bersifat mendalam menyentuh hal-hal penting tentang diri klien (bahkan sangat penting yang boleh jadi rahasia pribadi klien).

Guru BK bertanggung jawab untuk membimbing siswa sehingga dapat memiliki kepribadian yang matang dan mengenal potensi dirinya secara menyeluruh. Dengan demikian siswa diharapkan mampu membuat keputusan yang terbaik untuk dirinya, baik dalam memecahkan masalah mereka sendiri. Peran guru BK dalam bimbingan konseling sangatlah penting baik dalam keberlangsungan kegiatan belajar mengajar maupun sebagai tenaga pembina sekaligus membantu dalam menangani berbagai masalah yang dialami siswa. Dengan adanya guru BK dalam lembaga sekolah, maka memungkinkan teratasinya suatu masalah termasuk masalah siswa berkepribadian introvert. Seseorang yang memiliki kepribadian introvet memusatkan diri pada dunia dalam dan privat dimana realita hadir dalam bentuk hasil amatan, cenderung menyendiri, pendiam atau tidak ramah. Biasanya kepribadian introvet sibuk dengan kehidupan mereka sendiri. Individu dengan tipe kepribadian introvert lambat dalam aktifitas hal tersebut karena individu introvert lebih pasif dan kaku. Introvert cenderung memiliki hambatan dalam berkomunikasi dan bergaul dengan lingkungan sekitarnyanya. Individu yang memiliki kepribadian introvet biasanya sulit dalam berinteraksi atau menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya karena anak introvet lebih cenderung menyendiri, dan pendiam. Maka dari itu siswa yang bersifat introvet biasanya kurang aktif dikelas atau susah untuk bergaul dengan temannya.

Berdasarkan permasalahan di atas ,sehingga dapat dirumuskan dari permasalahan poko, bagaimana peran penting seorang guru BK dalam menghadapi siswa yang introvert di era digital ini?

PERAN PENTING GURU BK DALAM MENGHADAPI SISWA YANG INTROVERT DI ERA DIGITAL

            Dalam pendidikan umum yang dimaksud guru pendidik di lembaga pendidikan persekolahan. Secara istilah pendidikan adalah orang-orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan peserta didik dengan mengupayakan perkembangan seluruh potensi peserta didik, baik potensi afektif, kognitif, maupun psikomotorik. Dalam Undang-undang No 2 Tahun 1989 ayat 8 menyebutkan tenaga pendidik adalah anggota masyarakat yang bertugas membimbing, mengajar dan melatih peserta didik.3 Guru BK adalah unsur utama pelaksanaan bimbingan di sekolah. Guru BK adalah guru yang mempunyai tugas, tanggung jawab, berwenang, dan hak secara penuh dalam kegiatan bimbingan dan konseling terhadap sejumlah peserta didik. Peran seorang guru bimbingan dan konseling sebagai seorang konselor bagi siswa adalah memberi pemahaman terhadap kemampuan diri siswa sendiri supaya meningkatkan dan mampu memecahkan berbagai masalah secara individual.

Cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan layanan bimbingan dan konseling. Bimbingan dan konseling merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam menemukan kepribadian tersebut dimaksudkan supaya siswa dapat mengenal kekuatan dan kelemahan dirinya lebih lanjut. Siswa adalah individu manusia yang berpotensi, yang layak dikembangkan untuk mencapai kemandirian, kreatifitas dan prokdutivitas yang dilandasi dengan iman dan taqwa. Banyak layanan yang diberikan untuk membantu permasalahan siswa khususnya yang memiliki kepribadian introvert. Seperti yang kita ketahui biasanya didalam suatu lembaga atau sekolah guru bimbingan dan konseling hanya melihat pada masalah kedisiplinan siswa dan tata tertib disekolah. Hasil dari observasi yang peneliti amati permasalahan yang terjadi adalah masih melihat adanya siswa yang kurang dapat bergaul dengan temannya, serta kurang aktifnya siswa tersebut didalam kelas seperti jarangnya ia menanggapi didalam kelas, dan menurunya nilai siswa yang memiliki kepribadian introvert tersebut dikarenakan kurang aktifnya siswa tersebut.

            Pendidikan karakter merupakan sebuah istilah yang semakin hari semakin  mendapatkan pengakuan dari masyarakat indonesia saat ini. Terlebih dengan dirasakannya berbagai ketimpangan hasil pendidikan yang dilihat dari perilaku lulusan pendidikan formal saat ini. Semisal korupsi,perkembangan seks bebas pada kalangan remaja, narkoba, tawuran, pembunuhan, perampokan oleh pelajar, dan pengangguran lulusan sekolah menengah atas. Dalam pengembangan karakter peserta didik di sekolah, guru memiliki posisi yang sangat penting. Guru memiliki tanggung jawab besar dalam menghasilkan generasi yang berkarakter, berbudaya, dan bermoral. Secara makro pengembangan karakter dibagi menjadi tiga tahap yaitu  : perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hasil. Dalam ranah mikro sekolah sebagai leading sector berupaya memanfaatkan dan memberdayakan semua lingkungan belajar yang ada untuk inisiasi, memperbaiki, menguatkan, dan menyempurnakan secara terus menerus proses pendidikan karakter di sekolah.

            Manfaat dari penelitian ini yaitu menambah wawasan tentang pentingnya pendidikan karakter. Bagi guru, dapat menjadi bahan evaluasi dalam meningkatkan kualitas diri terutama dalam masalah akhlak sehingga selalu menjadi teladan bagi siswanya. Bagi sekolah, dapat menjadi bahan masukan dalam meningkatkan pembinaan kepada guru-gurunya terutama dalam masalah akhlak. Bagi saya sendiri sebagai penulis,dapat menjadi bahan evaluasi diri karena kelak akan menjadi guru agar selalu senantiasa memperbaiki akhlak.

KESIMPULAN

Di dalam ranah dunia pendidikan ,sekolah adalah rumah ke dua bagi para siswa. Disanalah mereka belajar tentang kepribadian yang hakiki selain di lingkungan keluarga. Dengan permasalahan mengenai siswa yang introvert itu, seorang guru BK harus dengan sabar menghadapinya. Karena untuk menyelesaikan masalah dari anak tersebut tidak bisa langsung dengan mudah menyelesaikannya. Harus banyak metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut, salah satunya adalah metode pendekatan. Guru BK harus pandai pandai mendekat kepada siswanya itu agar siswanya itu merasa nyaman dengan guru dan akhirnya bisa menceritakan semua tentang masalahnya kepada guru BK tersebut. Setelah kita mengetahui bagaimana masalah yang dihadapi oleh siswa tersebut yang memungkinkan menjadikannya seorang yang introvert, nah dari itu kita bisa menyelesaikan permasalahannya dahulu kemudian kita yakinkan kepada siswa itu agar lebih percaya diri untuk menunjukkan bahwa dia sebenarnya bisa . Seperti yang kita ketahui biasanya didalam suatu lembaga atau sekolah guru bimbingan dan konseling hanya melihat pada masalah kedisiplinan siswa dan tata tertib disekolah. Hasil dari observasi yang peneliti amati permasalahan yang terjadi adalah masih melihat adanya siswa yang kurang dapat bergaul dengan temannya, serta kurang aktifnya siswa tersebut didalam kelas seperti jarangnya ia menanggapi didalam kelas, dan menurunya nilai siswa yang memiliki kepribadian introvert tersebut dikarenakan kurang aktifnya siswa tersebut. Setelah menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh siswa tersebut kita sebagai guru BK harus menanamkan pendidikan karakter yang baik kepada siswa tersebut, agar nantinya siswa tersebut bisa dengan baik menjalani hari hari nya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun