Mohon tunggu...
Putri Nur Alif
Putri Nur Alif Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi Berenang

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Narasi Pengalaman Kunjungan Destinasi Wisata di Dalam Negeri

2 Oktober 2022   10:48 Diperbarui: 2 Oktober 2022   11:05 140 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Putri Nur Alif Zuhri (43121010278) 

Manajemen Pariwisata 

Universitas Mercu Buana

TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU

Kalian pasti sudah sangat familiar dengan daerah Malang yang terkenal akan pariwisata nya, atau istilah anak sekarang dikenal dengan healing untuk menghilangkan stress dan hiruk pikuk dunia perkantoran yang sangat memusingkan, Malang ternyata tidak hanya terkenal dengan kota wisata yang pastinya sangat bagus namun juga terdapat gunung yang sangat menakjubkan dan bahkan di puji keindahan nya oleh wisatawan asing.

Pada bulan Desember 2018 yang lalu saya ber-rekreasi ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Ternyata itu merupakan pengalaman yang luar biasa, saya tidak menyangka bahwa Indonesia kaya akan keindahan alamnya. Ber-rekreasi ke Gunung Bromo menjadi salah satu kegiatan wisata yang banyak diminati wisatawan, tidak hanya wisatawan local namun juga wisatawan mancanegara. Gunung Bromo terkenal sampai ke penjuru dunia, karena Bromo memiliki pemandangan dan karakteristik gunung api aktif yang sangat mengesankan.

Saya pergi kesana bersama kedua orang tua saya dan kedua adik saya. Perjalanan saya dimulai dari Jakarta menuju malang menggunakan mobil pribadi dan sesampainya di rest area Bromo kami menyewa homestay dan jeep. Perjalanan untuk sampai di lautan pasir Gunung Bromo diharuskan menggunakan jeep, untuk mobil pribadi tidak diizinkan karena medannya cukup curam. Tetapi saya lihat ada orang yang menggunakan motor, tetapi hanya motor-motor tertentu saja yang diizinkan dan dominan hanya petugas. Proses yang dilalui agar bisa sampai disana, tidak begitu rumit tetapi ada beberapa proses yang memang harus dilalui seperti halnya pembayaran. Jika kalian ingin berkunjung kesana tidak usaha khawatir karena ada jasa Tour Guide yang dapat kalian gunakan agar tidak repot mengurusnya.

Saat berkunjung kesana dianjurkan dimalam hari sekitar pukul 12.00 malam, karena perjalan untuk sampai disana membutuhkan waktu cukup lama dan harus menunggu antrean Jeep. Sehingga pada pukul 5.00 nantinya dapat melihat matahari terbit dari beberapa titik sepeti bukit cinta dan puncak penanjakan.

Selama saya berkeliling di bagian taman nasional ini terdapat beberapa tempat menarik yang menjadi salah satu destinasi wisata Bromo Indonesia. Salah satunya adalah View Point, di mana kalian yang ingin berkunjung ke tempat ihi bisa melihat keseluruhan Gunung Bromo dari ketinggian. Selain melihat kemegahan Gunung Bromo, dan juga bisa melihat pemandangan. Saya juga melihat indahnya matahari terbit di Kawah Gunung Bromo Setelah menikmati hamparan pasir yang luas, saya juga menikmati pemandangan sabana yang sejuk dan nyaman di kawasan Jemplang. Hamparan rerumputan yang luas menyerupai setting acara, yang saya tahu lokasi tersebut sering disebut sebagai Bukit Teletubbies.

Di Gunung Bromo juga terdapat sabana yang luas dan padang bunga di belakang Gunung Bromo, tetapi jika ingin melihat keindahan tersebut jangan pada malam hari dan saat langit mendung. Tidak hanya itu ada juga kawah dari Gunung Bromo, untuk bisa sampai disana harus berusaha dengan berjalan kaki atau menyewa kuda karena Jeep hanya akan mengantar sampai dibatas area parkir. Dan untuk bisa sampai di puncak kawah tersebut harus melewati ratusan anak tangga yang kurang lebih berjumlah 250 anak tangga.

Gunung Bromo merupakan salah satu tujuan wisata Indonesia yang paling populer dan wisata alam yang terkenal dengan fasilitas yang memadai. Saat sampai di bawah kaki Gunung Bromo banyak fasilitas yang disediakan seperti hotel, losmen, dan homestay. Selain itu, fasilitas nya ada yang menawarkan berbagai pilihan transportasi seperti Jeep dan kuda yang dapat disewa oleh pengunjung Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sehingga mereka dapat melihat keindahan dari Gunung Bromo tersebut. Untuk bisa sampai di Kawasan Gunung Bromonya harus menggunakan Jeep terlebih dahulu, dan setelah sampai di lautan pasir bisa menyewa kuda untuk berkeliling dan mengambil foto untuk dijadikan kenangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan