Lingkungan

Minggu Bersih serta Penambahan Fasilitas Area Pemakaman Desa Ngadirejo

23 Juli 2018   11:24 Diperbarui: 23 Juli 2018   11:43 359 0 0
Minggu Bersih serta Penambahan Fasilitas Area Pemakaman Desa Ngadirejo
KKN 04 UMM Bersama Warga Bekerjasama Membangun Penerangan Umum | dokumentasi pribadi

Malang,- Dalam rangka mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2018/2019. Upaya untuk memberikan pembelajaran pengabdian masyarakat kepada mahasiswa. Pelaksaaan Pelapasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada akhir Juni lalu yang berjumlahkan 145 kelompok yang tersebar ke pelosok desa yang ada di Jawa Timur.

Kelompok KKN 04 UMM memiliki Program Unggulan yang termasuk pada bidang kesehatan dan lingkungan yaitu program kerja mengenai Minggu Bersih dengan tujuan perbaikan dan penambahan fasilitas desa yang dilakukan di sekitar pemakaman Desa Ngadirejo.

Mahasiswa KKN 04 UMM Membersihkan Area Pemakaman Desa Ngadirejo
Mahasiswa KKN 04 UMM Membersihkan Area Pemakaman Desa Ngadirejo
Program Kegiatan yang dijalankan berlangsung pada hari Minggu (22/07) berupa serangkaian kegiatan bersih lingkungan, kegiatan tersebut mampu mengundang partisipasi masyarakat Desa Ngadirejo untuk turut serta dalam kegiatan yang diadakan, selain bersih lingkungan pemasangan Penerangan Umum disalah satu Pemakaman yang ada di Desa Ngadirejo, Permasalahan Penerangan Pemakaman juga menjadi keluhan bersama dua dusun Kampunganyar dan Bendolawang yang menjadi dasar pengadaan kegiatan minggu bersih dan penambahan fasilitas Penerangan Pemakaman.

Salah satu anggota Karang Taruna Desa Ngadirejo bernama Yono Ngantiyono mengungkapkan "fungsi dari penerangan lampu yang dipasang di sekitar makam itu untuk mempermudah proses pemakaman bila ada kematian pada malam hari, jadi warga gak kebingungan untuk mengurusinya proses pemakamannya."

KKN 04 UMM yang turut serta membantu kegiatan ini mendapat respon positif dari warga Desa Ngadirejo khususnya dusun Bendolawang dan Kampunganyar.

Koodinator Desa KKN 04 UMM Dzaki Yusuf mengatakan "alhamdulillah kegiatan tadi berjalan dengan lancar dan harapannya dengan adanya kegiatan tersebut hubungan antara kedua dusun bisa menjadi erat lagi dan kompak lagi, karena saya lihat antusias warga untuk mengikuti kegiatan tersebut cukup banyak."

"Semoga kegiatan program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa KKN berjalan dengan lancar dan dapat bermanfaat bagi warga desa, karena tujuan KKN itu agar mahasiswa dapat bersosialisasi dan bermasyarakat demi memajukan desanya." ujar Wasis selaku Dosen Pembimbing Lapang (DPL).

Penulis : Ricky Aditya

 Editor : Putri Widiastuty