Mohon tunggu...
Putri Bunga
Putri Bunga Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Perjalanan Daftar SMA dan Pengalaman MPLS

29 Juli 2018   14:17 Diperbarui: 29 Juli 2018   14:51 453
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Asssalamualaikum.w.w

Perkenalkan nama saya Putri Bunga Dahlianty bisa dipanggil Bunga, saya dari kelas X IPS 3, disini saya hanya mengerjakan tugas dari guru sosiologi saya yaitu Pak Wahyu/wajenk , yaitu menceritakan "Perjalanan daftar SMA dan Pengalaman MPLS".

Awal saya mulai mengikuti pendaftaran pada Selasa,12 juni 2018 pukul 08:00 AM, Saya dan Mama saya pergi ke SMA N 7 Bekasi untuk mengikuti pendaftaran SMA N 7 Bekasi dengan jalur WPS (Zonasi) di hari kedua. Saya kesana menggunakan kendaraan bermotor, sesampainya disana sudah banyak pendaftar yang mengantri dan Saya bertemu teman-teman SD dan SMP, disana saya mendapat nomer antrian ke 7 untuk putaran ke 2, sambil menunggu antrian saya dan teman saya mengelilingi SMA N 7 Bekasi sesudah mengelilingi tiba-tiba Mama saya memanggil saya ternyata berkas-berkas untuk pendaftaran ada yang tertingggal dan Saya pun langsung pergi ke rumah untuk mengambil berkas-berkas yang tadi tertinggal, tapi Saya tidak sendiri karena ditemani oleh teman SMP saya yaitu Karmel, karena saya takut telat jadi saya membawa motor lumayan kencang, sesampainya disana saya mengambil berkas yang tadi tertinggal dan langsung kembali ke SMA N 7 Bekasi dan langsung memberi berkas tadi ke Mama saya ,dan ternyata saya lupa untuk mengambil foto di fotocopy-an di dekat rumah saya, untuk mengambilnya tapi kali ini saya sendiri karena saya takut merepotkan teman saya, karena saat itu tepat bulan ramadhan jadi sangat terasa lelah sekali, karena jarak rumah saya dengan SMA N 7 Bekasi sekitar 4,2KM kalau bolak balik sekitar 16,8KM ,tapi saya tetap semangat karena saya harus mendapatkan SMA NEGRI salah satunya SMA N 7 Bekasi, sesuadah mengambil foto saya langsung menemui mama saya untuk memberi foto itu dan saya pun istirahan sebentar, sekitar 4 jam menunggu nomer antrian akhirnya dipanggil dan itu nomer terakhir sebelum istitahat, didalam hanya mengecek berkas-berkas yang dibawa tadi untuk mengisi formulir, sesidah semua dicek saya langsung mengisi formulir di ruangan sebelah, sesuadah itu mama saya mengajak saya untuk mencari makan di sekitar SMA N 7 Bekasi,selesai makan kami ke masjid sekitar situ untuk menjalankan sholat dzuhur , sesudah sholat kami kembali ke SMA N 7 Bekasi untuk mengasih formulir yang tadi sudah saya isi, pas saat dicek tiba-tiba ibu yang mengecek formulir tadi bilang 'Loh Jatimurni? kenapa gak di 16 aja? lebih dekat,disini lawannya di Jatisampurna semua" dan disitu saya mulai pesimis kalau saya tidak yakit diterima di SMA N 7 Bekasi lewat jalur WPS, tapi saya harus tetap optimis,sesudah itu saya langsung ke ruangan tata usaha untuk dimasukan di online, disana saya mengantri lagi dan mendapat nomer antrian 12,disana saya menunggu lumayan lama sekitar 2 jam, karena itu sudah jam 3 sore dan sudah mau tutup jadi kegiatan dilanjut besok.

Keesokan harinya Rabu,13 juni 2018 Saya kembali ke SMA N 7 Bekasi untuk melanjuti kegiantan kemarin yaitu pendaftaran WPS secara online sekitar 20 menit Saya dan mama saya memasuki ruangan, didalam ruangan lumayan lama karena server dari pusat error, sesudah semua selesai dan sudah di print saya langsung pulang, sesampainya dirumah saya langsung istirahat da di sore harinya saya mengecek nama saya di PPDB online dan ternyata nama saya sudah tidak ada, saya pun panik dan bilang ke Orang tua saya, dan saya takut karena kalau saya mengikuti jalur umum takut tidah lolos, karena jalur umum dibuka bulan depan tepatnya tanggal 5 july 2018 jadi sebelum hari H saya sudah mulai mengurus berkas-berkas yang dibutuhkan di pendaftran lewat jalur umum.

Pada kamis, 5 july 2018 pukul 07;00 AM saya dan mama saya kembali ke SMA N 7 Bekasi untuk mengikuti pendaftran SMA N 7 Bekasi dengan jalur umum karena saya sangat pagi datangnya jadi sesampainya disana saya mendapat nomer antian 5 jadi tidak lama harus menunggu dan saat giliran saya yang masuk didalam servernya kembali error jadi lumayan lama, kami menunggu servernya kembali stabil dan saya mengisi di formulir untuk pilihan 1 saya memilih SMA N 7 Bekasi dan untuk pilihan 2 saya memilih SMA N 16 Bekasi, sesudah selesai saya kembali kerumah, dirumah saya terus memikirkan nama saya di ppdb online karena saya takut nama saya ketendang di SMA NEGRI.

2 hari kemudian tiba-tiba teman SD saya nge-whatsaap saaya memberi tahu kalau nama saya sudah tidak ada di ppdb SMA N 7 Bekasi, disitu saya langsung panik dan langsung membuka laptop saya untuk mengecek kebenarannya dan ternyata itu benar nama saya sudah tidak ada di ppdb, karena saya panik saya tidak mengecek nama saya di SMA N 16 Bekasi jadi saya langsung mematikan laptop tanpa mengecek nama saya di ppdb SMA N 16 Bekasi , saya sangat takut untuk bilang ke Orang tua saya terutama Mama saya, karena saya tahu pasti mama saya akan marah kalau nama saya sudah tidak ada di ppdb online, tapi saya tetap memberanikan diri untuk bilang dan benar mama saya marah dan semenjak itu saya sudah tidak mengecek ppdb online di SMA N 16 Bekasi.

Pada Senin, 15 july 2018 saya dan mama saya memutuskan untuk pergi ke SMAS Hutama karena sudah panik hari itu semua sekolah sudah mulai MPLS dan sudah tidak tahu lagi untuk daftar dimana, sesampainya disana sekitar 07:30 AM kami langsung ke ruangan tata usaha untuk mendaftarkan diri disana, Mama saya langsung membayar secara full cash dan langsung mendapatkan baju seragam, sesudah semua urusan selesai mama saya mengajak saya makan di Mall Pondok Gede dan disela-sela makan mama saya mendapat pesan kalau saya diterima di SMA N 16 Bekasi dan disitu kami binggung dan panik karena sudah mendaftar di SMAS Hutama, dan kami pun langsung pulang, dirumah papa saya sudah menunggu dan kami bertiga pun mengobrol tentang kelanjutannya harus bagaimana, hal hasil papa saya tetap mau saya bersekolah di SMA N 16 Bekasi tapi saya sangat bimbang karena biaya di SMAS Hutama semua sudah dibayar dan tidak bisa dikembalikan lagi, dan kami memutuskan kalau saya tetap bersekolah di SMA N 16 Bekasi

Keesokan harinya pata tanggal 16 july 2018 saya mengikuti MPLS hari kedua, disaat depan gerbang saya bertemu teman sebangku saya saat SMP yaitu Grace, ternyata kita 1 gugus di gugus 8 didalam kelas kami duduk berdua dan mengobrol-ngobrol, tak lama bel berbuny, kami pun duduk di tempat masing-masing dan kami menunggu kakak Pj datang, dan saat kak Pj datang kami diminta untuk turun kelapangan karena upacara akan dimulai, karena hari itu hari pertama MPLS bagi saya jadi masih sangat cangung karena hanya beberapa yang saya tahu dari peserta MPLS di gugus saya, dan saya diminta untuk memperkenalan diri di depan kelas, sesudah itu kami memiliki sesi bersama beberapa guru yang masuk ke kelas gugus kami dan ada juga kakak Osis yang masuk untuk mengecek hafalan lagu Mars 16 karena gugus kami banyak yang tidak hafal jadi kami mendapat teguran dari kakak Osis, dan hari itu punberjalan dengan lancar dan melelahkan.

Dihari kedua MPLS, saya sudah mulai dekat dengan teman-teman segugus dan kakak-kakas Osis. Dan semua peserta MPLS diminta untuk mengikuti upacara penutupan MPLS hari terakhir .

Diakhir tulisan ini, Saya Putri Bunga Dahlianty menyatakan rasa bahagia dan bangga karena bisa menjadi bagian keluarga besar SMA N 16 Bekasi

Asalamualaikum .w.w

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun